Ketiga siswa MAN 1 Jembrana peraih 3 penghargaan pada ajang IDEA#7 di UNJ

Ketiga siswa MAN 1 Jembrana peraih 3 penghargaan pada ajang IDEA#7 di UNJ

Jembrana (Pendis) – Tim Hipotesa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana berhasil memborong tiga piala sekaligus dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada ajang IDEA#7 bertajuk “Peran Aktif Generasi Alpha dalam Pemanfaatan Teknologi Edukasi untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas di Era Society 5.0”. 

Ketiga siswa berprestasi tersebut adalah Amirah Argiyanti (Kelas X-C), Fardha Arheta (XI Saintek 1), dan Naufal Daffa Hermawan (XI Saintek 5). Mereka mengusung inovasi tema kearifan lokal yaitu inovasi pembelajaran Matematika materi dimensi tiga dengan bantuan Aplikasi Geogebra menggunakan contoh rumah panggung khas Loloan Kabupaten Jembrana sebagai salah satu bentuk Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala MAN 1 Jembrana, Saras Mawantyo mengucapkan rasa bangganya kepada Tim Hipotesa yang membawa nama harum almamater MAN 1 Jembrana di kancah nasional. Menurutnya, prestasi ini sangat membanggakan dan mengucapkan selamat serta motivasi kepada Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana karena tak kenal lelah berjuang dalam memberikan semangat berpikir ilmiah melalui karya-karya inovatifnya. 

"Kami selalu mensuport kegiatan pendidikan yang berkualitas sebagai bentuk adaptasi pembelajaran inovatif dan produktif berbasis teknologi dalam menghadapi perubahan era society 5.0. Lanjutkan semangat berkarya kami nantikan inovasi dan prestasinya," kata Saras.

Kabar prestasi ini disampaikan Pembina Hipotesa (Bidang Matematika) Rizka Dwi Hidayati, yang mendampingi ketiga siswanya dalam acara Presentasi Grand Finalis, Seminar & Penganugerahan pada tanggal 04 Mei 2024 di Universitas Negeri Jakarta. 

“Alhamdulillah, kami membawa pulang tiga penghargaan dalam ajang IDEA#7 UNJ yaitu Juara 2 LKTI, The Best Presentasi dan The Best Poster, terima kasih atas support yang diberikan kepada kami, semoga tim Hipotesa bisa kembali menorehkan prestasi di event-event nasional dan internasional lainnya," ujar Rizka.

Koordinator Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana, Lilik Muntamah, menyampaikan bahwa prestasi ini dipersembahkan sebagai kado hari pendidikan untuk MAN 1 Jembrana, beliau juga berharap semoga semakin banyak generasi alpha yang semangat untuk berinovasi dan berprestasi untuk mewujudkan generasi emas di era society.