Plt Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad

Plt Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad

Tanjung Pinang  (Pendis) – Madrasah turut berperan  dalam membangun peradaban, utamanya di dunia pendidikan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia, sangat kental dirasakan hingga saat ini, demikian disampaiakan Plt Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad saat membuka kegiatan membuka kegiatan Rapat Koordinasi Program Kurikulum dan Evaluasi pada Madrasah Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah  di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Minggu (28/04/2024).

"Salah satu hal yang harus kita lakukan untuk  menuju transformasi  adalah dengan mengupayakan Inovasi di Madrasah Swasta untuk mengukir prestasi sebagaimana madrasah negeri," ujarnya.

Menurutnya, upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah negeri maupun swasta pada setiap jenjangnya menjadi suatu keharusan mengingat kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan yang berbasis keagamaan sangat tinggi.

"Jumlah madrasah yang berada dibawah Kementerian Agama saat ini yang berstatus swasta lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan madrasah negeri. Hal ini berbanding terbalik dengan sekolah umum yang berada dibawah binaan Kemendikbudristek,"tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa madrasah yang memiliki rating terbaik dalam hal prestasi dan pelayanan pendidikan saat ini didominasi oleh Madrasah Negeri, hal ini menjadi sesuatu yang sangat lumrah apabila dilihat dari sisi pelayanan dan pemanfaatan sumber daya yg dimiliki oleh Madrasah negeri tersebut.

Sebaliknya, tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua untuk membantu memikirkan bagaimana seharusnya dilakukan pengelolaan yang tepat dalam perbaikan dan pembenahan tata kelola madrasah swasta dengan memanfaatkan sumber daya serta sarana dan prasarana yang ada, tandasnya.


Tags: # Madrasah