Siswa siswi MAN 2 Bantul saat melakukan penelitian.

Siswa siswi MAN 2 Bantul saat melakukan penelitian.

Tim MAN 2 Bantul menjadi salah satu dari 4 tim peraih medali emas di setiap bidang. Untuk bidang Flora yaitu peraih medali emas lainnya adalah SMPN 4 Waru, SMAN 5 Semarang, dan MAS Al-Manar Muhammadiyah Boarding School. Sedangkan peraih medali emas dalam bidang Fauna selain MAN 2 Bantul adalah SMA Semesta Semarang, SMA Negeri 4 Denpasar, serta SMA Kolese Kanisius.

Dua tim MAN 2 Bantul, berjumlah 10 siswa yang terbagi tim penelitian bidang flora dan tim bidang fauna tersebut menunjukkan keunggulan dan mampu bersaing dengan peserta dari berbagai daerah. Tim 1 yang memilih eksplorasi flora dengan ketua Nadia Sifha sempat mengalami kebingungan mencari lokasi yang tepat untuk melakukan penelitian. Mereka berlima harus rela bolak-balik jalan kaki menyusuri hutan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan judul yang diambil “Identification and Exploration of Flora Protected by the State on the Slope Mount Sindoro Magelang Regency“. 

Nadia mengatakan bahwa ia merasa bersyukur temen-teman dalam satu tim tidak mengeluh dan tetap fokus pada tujuan utama untuk menyelesaikan penelitiannya. Harapannya penelitian yang dilakukan bersama teman-temannya dapat memberikan sumbangsih untuk ilmu penegetahuan dan kelestarian lingkungan. Tim 2 dengan ketua kelompok Oriza Satyva mengambil judul “Identification and Exploration of Animal Protected by the State on the Salaman Sub District Magelang Regency” memiliki pengalaman yang berbeda. Mereka berlima dengan sangat antusias menjelajah hutan di daerah Salaman Magelang dengan rasa was-was. Karena yang diambil sebagai obyek penelitian merupakan obyek yang bergerak yaitu satwa yang dilindungi. 

Raisa Sakina sebagai ketua tim sangat bersyukur  karena cuaca cerah tidak hujan, seakan-akan alam bersahabat dengan mereka. Kedatangan mereka disambut dengan tiga ekor Elang Jawa yang terbang seperti mengucapkan selamat datang bagi para peneliti muda ini, menambah semangat tim 2 untuk melanjutkan dan menyelesaikan eksplorasi hewan yang dilindungi di hutan daerah Salaman Magelang tersebut.

Kepala MAN 2 Bantul Nur Hasanah Rahmawati S Ag, MM mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi siswa MAN 2 Bantul di ajang Internasional. Beliau dengan bangga menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi gemilang yang diraih oleh siswa-siswanya dalam ajang Indonesia International Invetion Expo 2024 (IIIEX 2024) ini. 

“Kegigihan, dedikasi dan semangat juang para peneliti muda dari MAN 2 Bantul dalam melakukan eksplorasi hutan di daerah Magelang telah sukses meraih hasil terbaik. Mereka tidak hanya menjadi pemenang dalam ajang IIIEX 2024, tetapi juga pelopor dalam upaya pelestarian lingkungan,” ujarnya dengan penuh kebanggaan.

Prestasi siswa-siswa MAN 2 Bantul ini menegaskan komitmen madrasah dalam mendukung pengembangan potensi dan bakat siswa di bidang ilmu pengetahuan. Semoga pencapaian gemilang ini menjadi inspirasi bagi seluruh siswa MAN 2 Bantul khususnya dan generasi muda untuk terus berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia.