Rektor UIN Saizu memegang jurnal Volksgeist yang mendapat predikat Scopus Q2

Rektor UIN Saizu memegang jurnal Volksgeist yang mendapat predikat Scopus Q2

Purwokerto (Pendis) - Capaian luar biasa kembali ditorehkan Fakultas Syariah UIN Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto. Salah satu jurnal milik Fakultas Syariah, yakni Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum dan Konstitusi resmi mendapatkan predikat Quartil 2 (Q2) untuk Bidang Hukum dari lembaga pengindeks internasional, Scopus.

Rektor UIN Saizu Purwokerto, Ridwan mengaku bersyukur dan bangga dengan pencapaian luar biasa tersebut. Pencapaian tersebut tentu akan memperkuat status Kampus UIN Saizu Purwokerto sebagai perguruan tinggi yang sekarang ini telah mendapatkan Akreditasi Unggul.

"Capaian ini akan semakin memperkuat institusi dan bagi jurnal-jurnal lain di Institusi UIN Saizu Purwokerto. Selamat atas capaian luar biasa Jurnal Volksgeist ini. Semoga jadi inspirasi dalam pengembangan jurnal, agar kedepan mendapat rekognisi internasional," ungkapnya.

Sementara itu, Editor in Chief (EiC) Volksgeist, Hariyanto mengatakan, di Bulan April 2024, Volksgeist mendapatkan kabar membanggakan. Jurnal yang dikelola Fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto itu mulai terbit 2018 silam. Pada Tahun 2020, Volksgeist pertama kalinya mengajukan Akreditasi Sinta mendapatkan predikat Sinta 3.

Kemudian, dalam usaha meningkatkan kualitas dan rekognisi jurnal, maka pada tanggal 15 Juli 2023 Volksgeist Accepted Scopus pada tahun yang sama di November profil Volksgeist di Scopus sudah keluar. "Alhamdulillah April 2024 Quartil di Scimago sudah keluar dengan Predikat Q2 dengan SJR 2023: 0.32," jelasnya.
 
Perjalanan Volksgeist begitu cepat. Hal ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa bagi institusi UIN Saizu Purwokerto. Pihaknya juga berharap, capaian ini makin memperkuat institusi dan bagi jurnal-jurnal lain di Kampus UIN Saizu Purwokerto yang telah mendapatkan Akreditasi Unggul.

"Terima kasih untuk seluruh pengelola Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum dan Konstitusi yang telah berjuang keras dalam capaian ini. Juga kepada seluruh pimpinan yang telah mensuport, sehingga sampai pada tahap ini. Semoga capaian ini membawa keberkahan dan kemanfaatan bagi kita semua demi UIN Saizu Maju," tutur dia.