Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 UIN Bukittinggi

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 UIN Bukittinggi

Bukittinggi (Pendis) - Sesuai dengan Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI No. 14 Tahun 2024 tentang “Penyelenggaraan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 Pada Kementerian Agama”, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi melaksanakan Upacara Bendera yang bertempat di Lapangan Gedung Madinah pada Kamis (02/05/2024).

Tim dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) bertanggung jawab sebagai pelaksana upacara yang dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar UIN Bukittinggi, termasuk pimpinan, dosen, pegawai, dan staf. Rektor UIN Bukittinggi, Prof. Ridha Ahida, memimpin sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Prof. Ridha mengutip Pidato Mendikbudristek yang menggarisbawahi pentingnya Gerakan Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ia menyoroti tantangan dan kesempatan yang dihadapi selama lima tahun terakhir, termasuk dampak pandemi yang memaksa perubahan drastis dalam proses pembelajaran. Namun, pandemi juga memberikan kesempatan untuk mempercepat transformasi pendidikan.

Ridha menekankan pentingnya kolaborasi dan perjuangan bersama dalam mewujudkan perubahan. Gerakan Merdeka Belajar harus tetap berlanjut sebagai upaya bersama untuk mencapai cita-cita pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Dalam penutupan amanatnya, Prof. Ridha juga mengajak seluruh peserta upacara untuk mendukung Gerakan Merdeka Belajar dan berinovasi demi kemajuan UIN Bukittinggi serta pendidikan Indonesia secara keseluruhan, menekankan dan menggarisbawahi semangat untuk terus berkarya dan berinovasi demi masa depan yang lebih cerah.

“Marilah kita semua keluarga besar UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi berbenah dan berinovasi untuk menyukseskan Gerakan Merdeka Belajar ini. Sehingga apa yang menjadi cita-cita pendidikan Indonesia bisa terwujud. Jadilah bagian dari gerakan Merdeka Belajar, teruslah berkarya dan berinovasi demi Indonesia yang lebih baik, khusus nya demi kemajuan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang kita cintai ini,” tutup Ridha.