MTsN 1 Pati

MTsN 1 Pati

Pati (Pendis)- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) 1 Pati berhasil menyabet penghargaan madrasah terfavorit  tingkat Jawa Tengah, selanjutnya  berhasil mengumpulkan 11.811 medali dalam satu semester pada Januari-Juli 2022.

Prestasi MTsN 1 Pati meliputi 372 medali kompetisi internasional, 10.961 medali kompetisi nasional, 469 medali kompetisi provinsi, dan 9 medali kompetisi tingkat kabupaten.

Selain itu, berdasarkan jenis medali yang telah diperoleh, tercatat ada sebanyak 3268 emas, 4044 perak, 3484 perunggu, dan 1015 harapan.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyebutkan bahwa MTsN 1 Pati bertekad menjadi madrasah mandiri berprestasi bertaraf internasional. Hal ini sesuai dengan visi misi yang telah disusun beberapa waktu lalu. "Alhamdulillah, berkat kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas seluruh civitas akademika madrasah, terwujudlah visi tersebut," ungkapnya.

Musyafak mengatakan  bahwa raihan prestasi ini merupakan nikmat yang wajib disyukuri agar terhindar dari adzab. "Untuk itu, saya selaku kepala madrasah beserta civitas akademika MTsN 1 Pati wajib bersyukur atas nikmat yang tiada tara tersebut agar kami terhindar dari adzab yang amat pedih," ujarnya.

Berkat bantuan dan kerja sama oleh seluruh tim yang selalu proaktif dalam memajukan pendidikan madrasah, tuturnya. 

"Terima kasih yang tak terhingga pula kepada rekan-rekan yang selalu proaktif atas kemajuan pendidikan madrasah. Tanpa bantuan dan kerja sama, tak mungkin prestasi yang sedemikian rupa akan kita raih," ucap Musyafak.

Lebih lanjut, Musyafak berpesan kepada siswa MTsN 1 Pati agar dapat mempertahankan dan  meningkatkan  prestasi  dengan tetap rendah hati dan istiqomah di jalur prestasi. "Kita pertahankan apa yang telah kita raih bersama. Jika perlu, terus bergerak untuk meningkatkan prestasi yang telah kita peroleh dengan tetap rendah hati dan istiqomah di jalur prestasi agar kita tergolong orang-orang yang beruntung, yaitu hari esok lebih baik dari hari ini," pesannya.

Dalam kesempatan ini pula, Syafak memohon doa kepada seluruh keluarga besar MTsN 1 Pati dan masyarakat demi suksesnya event bergengsi, yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang akan diikuti oleh anak didiknya pada 13-14 Agustus 2022 mendatang. "Mohon doanya agar pada event KSM, siswa-siswi kami mendapat Rahmat Allah, Syafaat Rasulullah, dan karomah Waliyullah, sehingga mereka diberi kemudahan dalam mengikuti KSM," pungkas Syafak.

Salah satu siswa pemeroleh medali terbanyak, Bibit Rizqiana, menyebutkan jika dirinya tidak menyangka dapat mengumpulkan medali hingga ratusan. Total raihan yang ia peroleh adalah 112 medali, diantaranya 65 emas, 24 perak, 22 perunggu, dan 1 harapan.

"Alhamdulillah, sejak Januari sampai Juli 2022, saya mendapatkan 112 medali," ucapnya.

Dari beberapa medali yang telah diperoleh, siswa kelas 8F ini, mengaku ada salah satu kompetisi yang membuatnya terharu, yaitu Smart Indonesia Olympiad yang diselenggarakan pada 2 Juli 2022. Dalam ajang ini, ia berhasil memboyong Juara 1 (medali emas) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Untuk itulah, ia  tiada henti mengucap syukur dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya meraih prestasi.

"Terima kasih untuk MTsN 1 Pati yang telah memberikan kesempatan kepadaku untuk meraih prestasi. Untuk teman-teman semua, jangan pernah menyerah, tetap semangat dalam menuntut ilmu dan meraih prestasi," tandas Bibit.