Digelar Berbasis Digital pada Akhir Juni, Kemenag Bimtek Admin Asesmen Kompetensi GTK Madrasah

Selasa, 4 Juni 2024 15:44 WIB
Pendis

Bimbingan teknis pelaksanaan asesmen kepada para admin Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia.

Jakarta (Kemenag) - Kementerian Agama akhir bulan ini akan menggelar Asesmen Kompetensi Guru Dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah. Asesmen untuk kali pertama akan digelar sepenuhnya berbasis digital.

Sebagai persiapan, Direktorat GTK Madrasah memberikan bimbingan teknis pelaksanaan asesmen kepada para admin Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia. Bimtek berlangsung selama tiga hari, 3 – 5 Juni 2024, di Jakarta.

Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar mengatakan, asesmen dilakukan untuk mengukur kompetensi guru. Sehingga, dari asesmen ini akan dihasilkan profil kompetensi guru madrasah secara utuh. Menurut Thobib, ada dua kompetensi dasar yang akan diukur, yaitu: kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

“Hasil dari asesmen ini akan menjadi pijakan bagi direktorat untuk mengambil kebijakan meningkatkan kompetensi guru. Hal itu dilakukan dengan mendorong para guru melakukan proses Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui kelompok kerja yang diikutinya agar kompetensi guru terus meningkat,” ujarnya.

Bimtek kali ini dilakukan untuk mengecek kemampuan aplikasi, kekuatan jaringan, dan keterbacaan instrument. Para admin atau operator di tingkat provinsi juga diminta melakukan sosialisasi kepada para proktor atau operator di tempat asesmen kompetensi (TAK). Sehingga, kendala teknis pada saat penyelenggaran bisa diantisipasi dan dimitigasi dengan cepat dan optimal.

“Semua guru madrasah wajib mengikuti asesmen ini. Karena hasilnya dibutuhkan untuk membuat kebijakan peningkatan kualitas guru,” tegas Thobib.

AKGTK Madrasah akan dilakukan dua tahap. Pertama, asesmen bagi guru mata pelajaran umum, kepala, dan pengawas madrasah pada 24-26 Juni 2024. Kedua, asesmen guru mata pelajaran agama pada Oktober 2024 mendatang. Juknis dapat dilihat pada link berikut, https://search.app.goo.gl/6DdBUzL.

Secara teknis, pelaksanaan AKGTK dilakukan oleh guru dengan mengakses laman akgtk.kemenag.go.id menggunakan akun Simpatika. Guru akan menjawab 60 butir soal yang terdiri dari 20 soal pedagogik dan 40 soal profesional, dengan durasi waktu 90 menit untuk mapel umum dan 120 menit untuk mapel eksak. Guru diminta menjawab soal yang ada sesuai dengan kemampuannya.

“Guru harus menjawab soal dengan kemampuannya sendiri, tidak boleh menyalin jawaban dari internet atau orang lain, karena hasilnya menjadi tidak murni,” tandasnya.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.