Kemenag Evaluasi Hasil AKGTK Tahap I

Sabtu, 13 Juli 2024 11:57 WIB
Pendis

Direktur GTK Madrasah bersama Ketua PMU dan para Narasumber

Tangerang (Kemenag) – Salah satu langkah konkret dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di seluruh wilayah adalah penyelenggaraan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) yang diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program *Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education* (Madrasah Education Quality Reform) (REP-MEQR), yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah.

Direktur GTK Madrasah, Thobib Al Asyhar, dalam Pembukaan Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan, menjelaskan tujuan pelaksanaan AKGTK. Dia menekankan pentingnya asesmen ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Tangerang, Jumat (12/07/2024).

Dalam pembukaannya, Thobib menyebutkan fungsi utama AKGTK dan menguraikan empat fungsinya sebagai berikut:

1. Sebagai data fungsi guru se-Indonesia.
2. Setiap guru mengetahui profil dirinya.
3. Hasil AKGTK sebagai kebijakan data nasional (peta nasional) sebagai kebijakan kompetensi.
4. Kebijakan kurikulum dalam pelatihan atau diklat bisa diambil kebijakan dari AKGTK.

Thobib juga menyampaikan pesan bahwa peta kompetensi ini dapat digunakan untuk pengembangan guru. Guru dapat mengikuti program Si Pintar yang mencakup kompetensi pedagogik, manajerial, dan kultural. Pusdiklat harus berkolaborasi dan menganalisis hasil ini sehingga Kurikulum Merdeka bisa diimplementasikan. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, hal ini akan sangat membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan.

"Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan AKGTK," ujar Thobib.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah