DIREKTORAT KSKK GELAR KOORDINASI PROGRAM KERJA KELEMBAGAAN DAN ROADMAP KERJASAMA

Kamis, 23 Februari 2023 07:13 WIB
Pendis

Kabid Penma, Kakanwil DI Yogyakarta, Direktur KSKK (Moh. Isom), Kasubdit Kelembagaan (Papay).

Yogyakarta (Pendis) – Direktorat KSKK Madrasah melalui Subdit Kelembagaan menggelar Rapat Koordinasi Kelembagaan dan Kerjasama dalam rangka pembahasan program kerja bidang kelembagaan dan roadmap kerjasama.

Direktur KSKK Madrasah, Moh Isom menyampaikan bahwa bidang Kelembagaan dan Kerjasama memiliki peran mayoritas terhadap seluruh program kerja yang ada di Direktorat KSKK. Bidang Kelembagaan dan Kerjasama sangat menentukan terbentuknya tata kelola Madrasah yang dapat bergerak lebih baik serta punya andil besar pula dalam menentukan apakah Madrasah di masa depan bisa memiliki daya saing atau malah keadaan nya semakin memburuk. Demikian ungkap Isom pada saat membuka kegiatan secara resmi.

Isom menegaskan bahwa Madrasah dapat memiliki relevansi dengan dunia industri dan dunia usaha, apabila kerangka konstruksi awal tata kelolanya dilaksanakan dengan baik, hal itu berkorelasi erat dengan maksimalnya kinerja bidang Kelembagaan dan Kerjasama. 

Direktur KSKK mengamati fenomena Madrasah saat ini sudah mulai baik dan sudah menjadi destinasi dan referensi bagi orang tua dalam memilih jalur pendidikan bagi anak-anak mereka. Jika Madrasah ingin konsisten mempertahankan hal tersebut, maka 2 hal yang harus jadi bahan perhatian. Pertama Madrasah secara Kelembagaan harus bisa menunjukkan sebuah distingsi atau pembeda, distingsi yang dimaksud adalah sebuah value atau nilai yang membedakan antara Madrasah yang satu dengan Madrasah yang lain atau dengan lembaga pendidikan lainnya, maka dari itu komunitas bidang kelembagaan di pusat maupun kanwil provinsi harus terus meng-update dan mengasah kemampuan untuk mencapai hal tersebut.

Kedua, keunggulan. Setiap Madrasah harus memiliki keunggulan, misalnya keunggulan akademik, contohnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) yang memiliki keunggulan bidang vokasi atau bidang keagamaan, keunggulan bidang keterampilan yang menunjang life skill, dan lain-lain. Hal demikianlah yang bisa mewujudkan sebuah pencapaian dan konsistensi madrasah agar selalu menjadi preferensi terhadap pemilihan jalur pendidikan oleh orang tua untuk anak nya. Demikian Isom melanjutkan arahannya.

Selain itu, Direktur KSKK menyatakan bahwa banyak tugas besar bidang kelembagaan yang berkesinambungan, yang pertama yaitu izin operasional atau IJOP. Regulasi terkait IJOP harus benar-benar dijalankan untuk mengendalikan efektifitas jumlah pertumbuhan Madrasah, sehingga korelasi antara jumlah Madrasah sepadan dengan kualitas yang dimiliki oleh Madrasah.

Selanjutnya, terkait penegerian dan pendirian Madrasah. Isom menjelaskan bahwa Direktorat KSKK sedang menunggu hasil dari pendirian dan penegerian 106 madrasah yang saat ini masih dalam pembahasan bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Berikutnya, transformasi digital yang mampu menunjang pembelajaran di Madrasah juga menjadi hal yang diutamakan oleh Isom. Pesan lain yang disampaikan yaitu terkait kerjasama Madrasah dengan lembaga lain, “Madrasah harus selektif dalam bermitra dengan pihak eksternal, sehingga dapat menghasilkan serta menambah nilai positif. Madrasah tidak kehilangan jati dirinya sebagai lembaga pendidikan islami tetapi tetap menyesuaikan dengan perkembangan zaman”, demikian Isom mengakhiri arahannya.


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah