Direktur: Ini Pentingnya Guru Pertimbangkan Perkembangan Kognitif dan Psikologis Siswa

Pendis
Imam Baihaqi Kontributor
Rabu, 31 Agustus 2022 09:54 WIB
Pendis

Direktur KSKK Madrasah

Tangerang (Pendis) – Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Moh. Isom menyampaikan pentingnya guru akidah akhlak mempertimbangkan perkembangan kognitif dan psikologis anak-anak dalam menyampaikan materi.

Hal demikian Isom sampaikan saat memberika sambutan pada kegiatan Sosialisasi dan Orientasi Pendampingan Kelompok Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan demi suksesnya implementasi kurikulum merdeka.

“Anak-anak usia PAUD/RA dikenalkan dengan konsep-konsep yang konkrit dan disampaikan dengan bermain dan bernyanyi,” katanya. “Jangan sampai anak-anak PAUD disuruh memahami tentang dalil. Begitu juga jenjang MI dan MTs belum saatnya diberi materi tentang perbandingan akidah,” ujar Isom di Tangerang, Selasa (23/08/2022).

Isom mengatakan materi pembelajaran Akidah Akhlak juga harus sesuai dengan pemahaman umum yang berlaku di masyarakat. Terlebih materi akidah lebih banyak bersifat ijtihadi sehingga dapat dipilih materi yang tidak kontraproduktif dengan masyarakat. 

Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi KSKK Madrasah, Suwardi menambahkan, implementasi kurikulum merdeka  tidak boleh terjebak pada pemenuhan administrasi saja, tetapi kurang berdampak pada pembelajaran di kelas.

“Oleh karena itu, Direktorat KSKK menyediakan beberapa model penyusunan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar,” ungkap Suwardi. 

“Model-model tersebut berfungsi sebagai inspirasi bagi guru agar tidak terjebak pada format-format tertentu yang dianggap baku,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Suwardi, madrasah juga harus mengakomodir peserta didik yang berkebutuhan khusus. Madrasah harus mengakomodir anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat mengembangkan bakat dan potensinya sebagaimana anak-anak lainnya. 

Guru Berkebutuhan Khusus

Presti Murni Setiati merupakan guru Akidah Akhlak MTsN 1 Magelang yang menjadi salah satu peserta kegiatan. Presti, begitu dia disapa, mengalami gangguan penglihatan berupa kebutaan menyeluruh. Keterbatasannya tidak menyebabkan semangat Presti kendur. Presti dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Meski tidak bisa melihat, Presti mampu mengetik di laptop sebagaimana guru-guru lainnya. 

Kehadiran Presti menambah kesadaran guru terhadap pentingnya untuk mengakomodir anak-anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan madrasah. Selama ini madrasah telah membuat program madrasah inklusi sebagai bentuk kepedulian madrasah terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. 

Walaupun demikian, Suwardi berharap madrasah-madrasah yang belum masuk kategori madrasah inklusi juga dapat menerima anak-anak berkebutuhan khusus. 

“Begitu juga implementasi kurikulum merdeka juga harus mengakomodir pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus,” ungkapnya.

Untuk itu, kegiatan pendampingan dan orientasi juga didampingi oleh madrasah inklusi agar dapat memberikan masukan bagi guru-guru dalam menyusun modul ajar. Selain itu, pendamping kegiatan juga berasal dari akademisi atau dosen dari beberapa perguruan tinggi, perwakilan Inovasi dan widyaiswara. Sedangkan peserta kegiatan berasal dari guru-guru Akidah Akhlak MI/MTs/MA yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah