Membludak, Lebih dari 2.000 Guru Informatika Madrasah Ikuti Pelatihan Koding

Pendis
Siti Maria Ufa Kontributor
Jumat, 7 Maret 2025 11:09 WIB
Pendis

Membludak, Lebih dari 2.000 Guru Informatika Madrasah Ikuti Pelatihan Koding

Jakarta (Pendis) --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, kembali menyelenggarakan “Ngaji Kurikulum”, kali ini mengusung tema Pembelajaran Koding. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti lebih dari 2.000 guru informatika di Madrasah (06/03/25).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Nyayu Khodijah menegaskan bahwa kurikulum selalu meyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk itu Pembelajaran Koding menjadi penting pada era perkembangan digital yang semkin cepat.

“Di era digital saat ini, penguasaan teknologi, terutama kemampuan dalam koding atau pemrograman, bukan lagi sekadar pilihan, melainkan suatu kebutuhan. Hampir semua aspek kehidupan, dari bisnis, pendidikan, kesehatan, hingga hiburan, telah bertransformasi secara digital”, ungkap Guru Besar UIN Palembang ini.

“Oleh karena itu, menguasai koding bukan hanya membuka peluang karier yang lebih luas, tetapi juga membantu kita menjadi individu yang lebih kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan”, imbuhnya, saat menjadi keynote speaker pada kegiatan terebut.

Selanjutnya dalam rangka mendukung kebijakan ini, bimbingan teknis dan pelatihan guru perlu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengajar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA). Kemitraan multi-stakeholders melibatkan pemerintah, dunia industri, akademisi, komunitas, dan NGO/LSM penting untuk mendukung implementasi program ini.

Nyayu Khodijah berharap melalui program pembelajaran koding ini, dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman lebih medalam tentang koding.

“Belajar dengan semangat, tidak takut mencoba, dan terus berlatih. Dengan menguasai pembelajaran koding ini semoga dapat menciptakan solusi teknologi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan kita. Kuncinya adalah ketekunan, kreativitas, dan rasa ingin tahu yang tinggi”, pesan Prof. Nyayu, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Basit selaku Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi saat memberikan pengantar menyatakan berdasarkan naskah akademik Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) pada Pendidikan dasar dan menengah Kemendikdasmen, bahwa Implementasi kebijakan pembelajaran Koding dan KA dilakukan secara bertahap, dimulai dari sekolah/madrasah yang memiliki kesiapan infrastruktur dan tenaga pengajar.

Pembelajaran koding ini nantinya akan diimplementasikan sebagai kurikulum mulai dari jejang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah(MA).

Basit yang merupakan Doktor Manajemen Pendidikan ini menambahkan bahwa pemantauan dan evaluasi harus dilakukan untuk menilai proses implementasi dan dampak kebijakan. Hal ini dilakukan dengan tujuan memastikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komputasional peserta didik.

“Selamat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat. Semoga ilmu yang diperoleh hari ini menjadi langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah dalam rangka menghadapi perkembangan digital yang semakin cepat” tutup Basit.


Tags:

madrasah

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan