Peran Aktif MDT Diperlukan Dalam Penanganan Radikalisasi Keagamaan

Kamis, 7 April 2016 07:43 WIB
Pendis

Peran Aktif MDT Diperlukan Dalam Penanganan Radikalisasi Keagamaan

Surabaya (Pendis) - Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) diminta turut serta dalam penanganan radikalisasi pemahaman dan gerakan keagamaan yang berkembang di masyarakat. Demikian pernyataan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dr. H. Mohsen, MM, ketika membuka acara Workshop Model Pembelajaran di MDT, yang diselenggarakan di Surabaya, Rabu 6 April 2016.

Menurut mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah itu, utamanya sejak Orde Reformasi keran impor pemahaman dan gerakan keagamaan dari luar sangat terbuka dan massif. Pemahaman dan gerakan keagamaan impor itu mendegradasi karakteristik keagamaan khas Indonesia bahkan sekaligus mengancam eksistensi NKRI. Oleh karenanya, lanjut pria kelahiran 6 Maret 1965 itu, MDT harus memiliki komitmen terhadap NKRI dan pemahaman Islam yang . Kurikulum MDT harus didorong untuk menciptakan alumni atau peserta didik yang nasionalis dan juru damai, bukan juru caci maki atau hina-menghina. Demikian juga, pejabat Kementerian Agama, kepala dan guru MDT harus "suci" dari pengaruh pemahaman atau gerakan keagamaan radikal itu.

Pada bagian lain, Mohsen menyatakan perlunya perluasan akses dalam penyelenggaraan MDT. "Selama ini, MDT lebih banyak diselenggarakan melalui pendekatan satuan pendidikan yang diselenggarakan di masyarakat. Sementara jumlah santri MDT sejauh ini sekitar kurang dari 10% dari seluruh jumlah siswa sekolah umum. Kondisi ini perlu ada terobosan baru sehingga peserta didik baik di sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren, bahkan penghuni di Rutan/LP perlu diadakan MDT, baik melalui pendidikan satuan pendidikan MDT maupun program pendidikan MDT".

Di bagian akhir, Direktur meminta kepada pejabat terkait, FKDT dan forum-forum Pendidikan Al-Quran untuk duduk bareng guna memperjelas diferensiasi antara MDT dengan Lembaga Pendidikan Al-Quran seperti TPQ, TPA, TQA. Sebab, keduanya memiliki sejumlah kemiripan, baik pada sasaran santri maupun kurikulum yang dikembangkannya. Ia mengkhawatirkan ketika ada Peraturan Daerah tentang Wajib Belajar MDT, misalnya, maka TPQ/TPA/TQA itu menjadi lenyap. "Saya ingin keduanya tetap dipertahankan," ungkap Direktur.

(wen/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah