Arsiparis PTKIN Harus Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Senin, 6 Desember 2021 12:48 WIB
Pendis

Tangkapan Layar Webinar Arsiparis

Jayapura (Pendis)-- Seorang Arsiparis harus mengikuti perkembangan teknologi informasi karena pola pengarsipan saat ini telah menggunakan platform digital. menandaskan, perkembangan teknologi justru mempermudah tata kelola pengarsipan saat ini sehingga praktisi kearsipan harus masuk pada dunia digital. 

Arsiparis adalah orang yang berjasa mengurus dokumen penting bernilai tinggi. Dengan posisinya itu ia dituntut piawai memanfaatkan daya dukung yang ada untuk meningkatkan kapasitas dan perannya.

Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Pusat III Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Sulistiyowati, mengingatkan hal ini saat memberikan materi pada kegiatan Webinar ‘Penguatan Tata Kelola Kearsipan Perguruan Tinggi’ yang diselenggarakan oleh Sub Koordinator Administrasi Umum dan Kepegawaian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, (6/12/2021).

“Ada banyak program aplikasi untuk mendukung tata laksana kearsipan di berbagai lembaga, karena itu Arsiparis harus menguasai teknologi aplikasi pada kearsipan,” tandasnya.

Sulistiyowati menerangkan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa yang wujudnya dapat menjadi berbagai macam bentuk. “Karena saat ini kita sangat terbantu dengan hadirnya kemajuan teknologi, arsip tidak lagi manual tapi dapat berwujud file digital dan lainnya,” tambahnya. Ia berharap IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menjadi contoh bagi PTN lain di Indonesia agara mulai sadar akan pentingnya peran Arsiparis.

“Kami mengingatkan kepada seluruh PTN di Indonesia untuk menjalankan amanat Undan-Undang dengan membentuk Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi dimana setiap Perguruan Tinggi wajib membentuk LKPT karena ini tercantum dalam Undang-undang nomor 43 pasal 27 tahun 2009,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Moh. Junaidin, M.A menegaskan pentingnya kesadaran aparatur sipil negara instansi terkait tentang peran Arsiparis.

“Arsip ini penting untuk membantu kita menjamin ketersediaan bahan pertanggung jawaban kegiatan,” ujarnya. Kabiro menambahkan, perkembangan IT saat ini diharapkan mampu mengantarkan IAIN Fattahul Muluk Papua kepada tata kelola pengadministrasian dan pengarsipan yang lebih baik. “Melalui diskusi dengan peserta dari seluruh Indonesia dan narasumber yang sangat berkompeten, semoga kualitas pengarsipan di IAIN Fattahul Muluk Papua semakin meningkat,” paparnya mewakili Rektor.

Kegiatan yang diikuti peserta dari berbagai Instansi di seluruh Indonesia ini dipandu oleh Shinta Abdul Rahman, M.Si dan Lenny Hartatik, S.Sos.I. Para peserta terlibat dalam diskusi yang dinamis hingga akhir acara.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.