Begini Cara UIN Bandung Tindak Lanjut Monitoring dan Evaluasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik 2023

Rabu, 6 Desember 2023 09:45 WIB
Pendis

Inilah komitmen pimpinan dalam membangun budaya keterbukaan informasi publik.

Bandung (Pendis) -- Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan layanan keterbukaan informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menggelar Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Monitoring dan Evaluasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 di The Luxton Bandung Hotel, Senin-Selasa (4-5/12/2023).

Dengan menghadirkan narasumber, Samrotunajah Ismail (Komisioner Komisi Informasi Pusat RI); Yudaningsih (Komisioner Bidang Asistensi dan PPID Komisi Informasi Provinsi Jabar); Yulia Susanti (Ketua Tim PPID dan SP4N LAPOR Provinsi Jabar) yang dipandu oleh Iu Rusliana dan Mohamad Ichsana Nur.

Rektor, Rosihon Anwar membuka rapat koordinasi ini menyampaikan pimpinan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terus berkomitmen membangun budaya keterbukaan informasi publik.

“Saya atas nama Rektor UIN Bandung menyampaikan apresiasi terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses monev uji badan publik di Jakarta kemarin. Semoga hasilnya memuaskan,” tegasnya.

Tujuan dengan adanya kegiatan ini sebagai bentuk fokus pada pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan informasi publik untuk sama-sama mewujudkan Kampus UIN Bandung yang good governance dan smart university.

Rektor mendorong kerjasama tiap pimpinan fakultas, dan ketua lembaga di lingkungan Al-Jamiah UIN Bandung untuk meningkatkan kualitas layanan PPID.

“Ini sudah menjadi komitmen UIN Bandung untuk terus meningkatkan akses informasi publik dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi terkait,” tandasnya.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, “kampus UIN bisa memberikan integritas tiada batas serta dapat memberikan kemudahan dan kebermanfaatan untuk seluruh civitas akademika ataupun masyarakat umum,” paparnya.

Ketua PPID sekaligus Wakil Rektor II, Tedi Priatna, menjelaskan sejak tahun 2022, UIN Sunan Gunung Djati Bandung berpartisipasi dalam Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Alhmdulilah untuk tahun 2022 meraih predikat Badan Publik Informatif dengan menempati peringkat-6 Nasional dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri,” jelasnya.

Soal Monev KIP terdiri dari 3 tahap: Pertama, Pengisian dan pengumpulan data Monev, sudah disubmit 22 September 2023. Kedua, Presentasi Uji Publik. “Sudah kita laksanakan tanggal 29 November 2023 kemarin di Jakarta. Mudah-mudahan mendapatkan nilai terbaik,” paparnya.

Ketiga, Visitasi. “Tidak semua PTN akan divisitasi, hanya 15-20 PTN yang akan divisitasi,” sambungnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini merupakan Tindak Lanjut dari Monev KIP tahun 2023, “Monev tahun ini mendorong penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tidak hanya di Universitas, tapi juga di Fakultas atau Pascasarjana,” tuturnya.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh 65 orang yang merupakan bagian penting dalam Monev Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam pemaparannya, Samrotunajah menyampaikan tentang inisiatif dan upaya konkret yang telah dilakukan dalam meningkatkan transparansi, seperti peningkatan akses informasi, penyediaan data yang relevan, dan kolaborasi dengan PPID pelaksana di fakultas.

Saking pentingnya partisipasi publik dalam memastikan keberhasilan upaya keterbukaan informasi tersebut, “Alhamdulillah ini kali pertama saya melihat antusias Bapak Rektor dan jajaran pimpinan lainnya hadir bersama malam ini. Bukti nyata komitmen dan dukungan pimpinan yang kuat untuk peningkatan budaya keterbukaan informasi,” pungkasnya.

Pada bagian akhir acara Rakor terdapat pembahasan tentang Daftar Informasi Publik Universitas, Daftar Informasi Publik Fakultas/Pascasarjana, dan Daftar Informasi Dikecualikan untuk Tahun 2024. Hasil kesepakatan ini ditandatangani oleh pejabat terkait mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, dan Dekan/Direktur.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.