Digitalisasi Layanan Perpustakaan UIN Palu Permudah Mahasiswa

Jumat, 9 September 2022 09:34 WIB
Pendis

Digitalisasi Layanan Perpustakaan UIN Palu Permudah Mahasiswa

Palu (Pendis) - Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menerapkan layanan digital untuk memudahkan mahasiswa dan dosen mencari dan meminjam buku/literatur ilmiah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Datokarama Palu, Rifai di Palu, Kamis, mengemukakan lewat layanan digital yang disiapkan, mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku/literatur ilmiah melalui komputer atau android.

"Saat ini sistem peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Palu dapat dilakukan secara daring, sehingga mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi ke gedung perpustakaan. Mereka cukup mengakses lewat android atau komputer," ujar Rifai.

Rifai menjelaskan, agar mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku dan literatur ilmiah lewat android, terlebih dahulu mendownload aplikasi UIN DATOKARAMA PALU di playstore.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, kata dia, selanjutnya mahasiswa dan dosen harus membuka aplikasi tersebut untuk membuat akun serta memverifikasi data diri masing - masing di aplikasi itu.

"Nanti admin akan memproses data yang masuk lewat sistem, jika disetujui oleh admin, maka yang bersangkutan akan menjadi anggota perpustakaan secara otomatis dan berhak mengakses buku/literatur," jelasnya.

Hingga saat ini, katanya, sebanyak 100 mahasiswa dan dosen telah menjadi anggota perpustakaan digital dan mengakses buku secara daring.

UPT Perpustakaan menyiapkan 1.000 judul buku dan literatur, yang dapat diakses secara daring oleh mahasiswa dan dosen.

Layanan digital dengan ketersediaan buku mencapai 1.000 judul, ujarnya, tersedia berkat kerja sama antara UIN Palu dengan PT Enam Kubuku.

"Kerja sama ini menghasilkan layanan digital dalam proses peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Datokarama," ungkap dia.

Ia menambahkan, buku yang termuat di dalam aplikasi perpustakaan digital sebagian besar disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa pada masing - masing program studi.

"Jangka waktu peminjaman yaitu seminggu, sehingga apabila lewat dari waktu tersebut, maka buku yang dipinjam akan kembali sendiri secara otomatis yang telah didesain oleh sistem," ujarnya.

Ketika mahasiswa atau dosen mengklik buku di aplikasi maka akan muncul menu pinjam atau baca. Jika dipilih membaca maka buku itu langsung dapat dibaca.

Tapi jika diklik pinjam maka buku tersebut akan hilang dari daftar buku yang ada dalam aplikasi. Buku tersebut, masuk ke akun yang meminjam.

Terkait hal itu Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi mengemukakan akan terus berupaya menambah literatur/buku yang ada di Perpustakaan termasuk di Perpustakaan Digital.

"Ini menjadi satu prioritas untuk menunjang pengembangan akademik dalam proses pembangunan manusia," ujarnya.


Tags:

uin

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.