Lantik Sebelas Pejabat Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Musyawarah dalam Mengambil Keputusan

Selasa, 21 Februari 2023 15:49 WIB
Pendis

Rektor UIN Gus Dur saat penandatanganan berita pakta integritas pejabat yang dilantik

Pekalongan (Pendis) – Sembilan Kepala Pusat (Kapus) yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) resmi dilantik Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim M.Ag., pada Senin (20/02/2023) di Auditorium Kampus I, Panjang, Pekalongan.

Dari LP2M, lima Kapus yang dilantik yaitu: M. Najmul Afad, M.A sebagai Kepala Pusat Penelitian; Jauhar Ali, M.Pd sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat; Ningsih Fadhilah, M.Pd sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak; Dr. Nanang Hasan S, M.Pd sebagai Kepala Pusat Moderasi Beragama; dan Dr. Kuat Ismanto, M.Ag sebagai Kepala Pusat Kajian Halal.

Sedangkan dari LPM, empat Kapus yang dilantik yakni: Isriani Hardini, M.A., Ph.D sebagai Kepala Pusat Layanan Internasional; Mutho’in, M.Ag sebagai Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu; Dr. Failasuf Fadli, M.S.I sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Dr. Mochamad Iskarim, M.S.I sebagai Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu.

Selain sembilan Kepala Pusat, pada kesempatan ini, Rektor juga turut melantik Agus Sulistiyono, S.Kom sebagai Sekretaris LPM dan Dr. Siti Mumun Muniroh., M.A sebagai Kepala Unit Pengembangan Karier serta turut menunjuk Dr. M. Achwan Baharuddin, M.Hum sebagai (Plt) Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi.

Dalam pidatonya, Rektor UIN Gus Dur Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim M.Ag., mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Pusat dan Kepala Unit yang resmi dilantik dan diambil sumpah. Ia menyebut, sebelas orang yang dilantik adalah orang-orang terpilih dan merupakan kader terbaik UIN Gus Dur.

Lebih lanjut, mengutip Al Quran Surah Ali Imran Ayat 159, Prof. Zaenal mengingatkan agar para pejabat yang dilantik dapat bekerja dengan baik dan dapat bekerja dengan mengutamakan kasih sayang. “Seorang pemimpin harus punya sifat kasih sayang,” katanya.

Sifat kasih sayang ini, lanjutnya, berkebalikan dengan sifat pemarah, yang mana sifat ini cenderung tidak disukai oleh sesama rekan kerja. “Pada kandungan pertama Surat Ali Imran 159 dijelaskan bahwa sikap pemarah ini dapat menjauhkan diri dari orang-orang di sekitarnya,” ucap Prof. Zaenal.

Prof. Zaenal menambahkan, pada kandungan kedua Surat Ali Imran 159 terdapat ajakan untuk bermusyawarah dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada. “Saudara punya atasan, punya staf kalau ada apa-apa mohon dimusyawarahkan. Jangan ambil keputusan sendiri supaya lembaga jalan beriringan,” lanjutnya.

Sebagaimana pada amanat pelantikan-pelantikan sebelumnya, Prof. Zaenal berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik agar dapat bekerja bersama-sama. “Ibarat kereta api, untuk mencapai tujuan maka wajib bisa bergerak seiring bersama,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pelantikan ini merupakan pelantikan tahap keempat pasca beralih statusnya IAIN Pekalongan menjadi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sebelumnya, pelantikan tahap pertama diadakan pada Desember 2022 untuk jabatan Wakil Rektor dan Dekan, diikuti pelantikan tahap kedua pada awal Januari 2023 untuk jabatan Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, dan Ketua unit/lembaga. Sedangkan tahap ketiga diadakan pada akhir Januari 2023 untuk jabatan Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan Sekretaris Lembaga.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.