Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana UIN RIL Perketat Seleksi Ujian Masuk

Pendis
Hayatul Islam Kontributor
Sabtu, 2 Juli 2022 00:35 WIB
Pendis

Suasana Tes Potensi Akademik berbasis Computer Assited Test (CAT) Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung

Lampung (Pendis)– Guna meningkatkan kualitas input mahasiswa, Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung perketat Seleksi Ujian Masuk. Sebanyak 244 orang yang terdiri dari 202 orang calon mahasiwa Program Magister (S2) dan 42 orang calon mahasiswa Program Doktoral (S3) mengikuti seleksi yang berlangsung di Gedung ICT UIN Raden Intan Lampung ini, Jumat (01/07/2022).

Jumlah tersebut adalah mereka yang berhasil lolos seleksi administrasi, dari sebanyak 307 orang pendaftar.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin Z, yang turut menjadi tim penguji dalam seleksi ini, menyatakan bahwa seleksi ini adalah sebuah langkah positif untuk membuktikan keseriusan dalam mempersiapkan Internationalisasi Kampus yang berorientasi pada mutu.

“Ini adalah langkah untuk mempersiapkan tahapan-tahapan yang lebih serius agar visi besar UIN Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional bisa berjalan dengan baik dan bisa terwujud” ungkap Rektor.

Rektor juga berharap dengan adanya seleksi ini dapat menghasilkan calon-calon peserta didik yang berkulitas. “Untuk mewujudkan visi besar itu, selain kualitas mutu Lembaga, input calon mahasiswa didiknya juga harus berkualitas”, ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Pascasarjana UIN RIL, Prof Dr H Ruslan Abdul Ghofur menjelaskan bahwa sistem seleksi yang pertama kali dilakukan Pascasarjana ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu Tes Potensi Akdemik (TPA) berbasis Computer Assited Test (CAT​​​​) dan tahap kedua adalah dan Tes Wawancara.

“Dalam seleksi ini ada dua tahap, tidak hanya Tes Potensi Akademik berbasis dengan CAT saja, tetapi juga ada tes wawancara agar sistem pembelajaran dapat kita sesuaikan secara lebih efektif dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan input mahasiswa kita” jelasnya.

Profesor termuda yang akrab disapa Prof Opung ini pun berharap agar para calon mahasiswa yang masuk sesuai dengan input yang jelas sehingga nantinya akan menghasilkan output yang berkualitas.

“Saya berharap dengan system seleksi ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang berkualifikasi bagus dan terbaik sesuai dengan moto UIN yaitu ber-ISI (Intellectuality, Spirituality dan Integrity),” imbuhnya.

Terlihat dalam pantauan tim humas, para peserta sangat antusias mengiktui seleksi ini, mereka tidak hanya berasal dari wilayah Lampung saja, tetapi juga dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa.

Adapun hasil kelulusan calon mahasiswa program S2 dan S3 ini akan diumumkan di laman resmi UIN RIL pada 5 Juli 2022.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.