UIN Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Pakar Manajemen Perpustakaan dari UI Jakarta

Pendis
Arkin Kontributor
Kamis, 16 Maret 2023 15:06 WIB
Pendis

Penyerahan Plakat kepada narasumber Luki Wijayanti dari Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indo

Banda Aceh (Pendis) -- Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kuliah umum bagi mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Perpustakaan di Aula fakultas tersebut, Kamis (16/3/2023).

Kuliah umum bertajuk 'mewujudkan self confidence dan profesionalisme pengelola lembaga informasi di era digital' menghadirkan narasumber Luki Wijayanti dari Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Dalam pemaparan materinya, Luki Wijayanti menjelaskan bahwa informasi dan pengetahuan sebagai aset penting untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan di era digital saat ini. Menurutnya, perpustakaan dan berbagai Lembaga Informasi lain yang berhubungan dengan pengetahuan, data dan informasi, seharusnya mempunyai sikap yang sama terhadap informasi beserta fasilitas akses dan distribusinya.

"Para pengelola informasi harus mampu menyediakan informasi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya yang mungkin terdiri atas dua generasi atau lebih yang memerlukan penanganan yang berbeda,"kata Luki yang juga sebagai konsultan di bidang manajemen perpustakaan.

Selain itu, kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat membuat perilaku masyarakat mengalami banyak perubahan. Salah satunya, cara masyarakat dalam mengakses informasi melalui media sosial atau internet. Oleh karena itu, pustakawan dan pengelola informasi dituntut untuk menyesuaikan dengan kemajuan teknologi seperti memanfaatkan sarana jejaring sosial dan ‘mobile devices’ seperti halnya pengguna yang dilayaninya.  

"Pengelola Informasi  dituntut memiliki kreativitas dan kemampuan mensinergikan berbagai potensi TIK dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan penggunanya. Karena, sejatinya kemampuan ini sulit diperoleh dosen, peneliti atau fungsional lainnya yang biasanya hanya fokus pada minatnya saja,"ujar Luki.

Pada kesempatan tersebut, pemilik Patent System Aplikasi Perpustakaan  “LONTAR” (Library Otomation and Digital Archive) ini juga mendorong mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry harus bisa adaptif, banyak belajar, menggali potensi diri, memperluas pergaulan dan terus berkarya di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat ini. Di samping itu, Luki juga berpesan kepada mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan agar tidak minder dan cenderung merasa malu dengan jurusan dan profesi pustakawan yang nanti akan dijalaninya.

Sementara itu, Dekan FAH UIN Ar-Raniry Syarifuddin dalam sambutannya mengingatkan para mahasiswa khususnya prodi Ilmu Perpustakaan tentang kemampuan adaptasi teknologi guna mendukung dan mewujudkan ekosistem digital pada bidang Ilmu Perpustakaan. Menurutnya, para mahasiswa, dosen dan juga alumni prodi Ilmu Perpustakaan harus mengambil peran utama dalam meningkatkan kemampuan literasi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.

Sebelumnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Mukhtaruddin menjelaskan kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh seratusan peserta dan diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kepercayaan diri dan motivasi memilih profesi pustakawan dan pengelola informasi di era digital. []
 


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.