Wisuda ke-XIV STAI Nurul Iman Bogor: Arskal Salim Tekankan Transformasi Perguruan Tinggi Menuju Pusat Keunggulan dan Inovasi

Kamis, 24 April 2025 13:14 WIB
Pendis

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Arskal Salim GP

Bogor (Pendis)-- Di tengah arus perubahan global yang begitu cepat, peran Perguruan Tinggi tidak lagi cukup hanya sebagai lembaga penghasil lulusan. Perguruan tinggi kini dituntut untuk menjadi lokomotif perubahan, pusat keunggulan (center of excellence), dan episentrum inovasi yang mampu merespons tantangan zaman serta menjawab kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikan  Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Arskal Salim GP  saat  memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda ke-XIV Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Iman Bogor, Kamis (24/4/2025).

“Transformasi ini bukan sekadar tuntutan, melainkan keharusan. Perguruan tinggi harus berani meninggalkan pola lama yang kaku dan tertutup, menuju sistem pendidikan yang adaptif, kolaboratif, dan visioner,” ucap Arskal.

Menurutnya, menjadi pusat keunggulan berarti menjadikan kampus sebagai tempat lahirnya pemikiran-pemikiran besar, teknologi inovatif, dan solusi konkret bagi problematika bangsa. Sementara menjadi pusat inovasi mengharuskan perguruan tinggi membuka diri terhadap perubahan, mengembangkan budaya riset yang dinamis, serta mencetak lulusan yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan kerja.

Transformasi ini membutuhkan keberanian untuk berbeda, membangun identitas keunggulan yang khas sesuai kekuatan dan visi institusi, meliputi pengembangan perguruan tinggi sebagai produsen IPTEK-Inovasi dan pusat keunggulan (center of excellence) yang mencakup penguatan fokus bidang ilmu sesuai potensi daerah setempat dan peningkatan kerja sama konsorsium riset antar perguruan tinggi maupun dengan lembaga penelitian di dalam dan luar negeri.

Selanjutnya, Arskal mengatakan bahwa inovasi dapat dilakukan dengan pengembangan kerja sama perguruan tinggi dengan dunia industri atau lembaga mitra yang relevan untuk pengembangan keprofesian bagi mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan juga melalui  peningkatan kualitas dan pemanfaatan penelitian dengan meningkatkan interaksi perguruan tinggi dan dunia industri/lembaga mitra yang relevan.

Arskal menambahkan bahwa hal lain yang juga  dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi melalui pengembangan kurikulum program studi yang adaptif dan desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri/lembaga mitra, pembangunan daerah, pendidikan keprofesian, percepatan masa tunggu bekerja, dan pelatihan kewirausahaan untuk mendorong tumbuhnya wirausahawan muda,ungkap Arskal.

“Pengembangan  pendidikan dan pembelajaran di perguruan tinggi dapat melalui pengembangan dana abadi (endowment fund) di perguruan tinggi yang bersumber dari dana masyarakat, termasuk sektor swasta dan filantropi,” tambahnya.

Dikatakan Arskal, perwujudan diferensiasi misi dengan mendorong fokus keunggulan distingtif perguruan tinggi dalam mengemban tridharma perguruan tinggi, yakni sebagai research university, teaching university, atau vocational university. Dengan langkah nyata, maka cita-cita menjadikan perguruan tinggi sebagai penggerak utama peradaban bukanlah angan-angan, tetapi sebuah keniscayaan yang sedang dibangun bersama, sudah saatnya kampus tidak hanya menjadi menara gading, tetapi rumah inovasi. Tempat bertemunya ilmu, iman, dan aksi yang menyalakan obor kemajuan bagi umat, bangsa, dan dunia, tandasnya.


Tags:

kampus

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan