Lomba KTI, Gali Ide Menjadi Karya Penting

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Rantau (Dit. PAI) – Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tapin bekerja sama dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kab. Tapin mengadakan lomba karya tulis ilmiah pada Ajang Kompetensi Guru PAI Sekolah se Kabupaten Tapin di SDN Rantau Kanan 1, Selasa (21/06/22).

Plh. Kepala Kankemenag Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Mahyudi Noor berharap, Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru PAI ini agar dapat membuat karya dari pengalaman di lingkungan sekolah.

“Kami berharap, melalui lomba KTI ini, para GPAI dapat menggali ide-ide hasil dari pengamatan dan penelitian mereka selama mengajar menjadi karya tulis yang bisa memberikan kontribusi untuk memajukan pendidikan serta untuk menambah wawasan,” harapnya

Akhmad Saihu, selaku dewan juri lomba karya tulis ilmiah ini, mengatakan bahwa lomba karya tulis ilmiah tersebut diarahkan untuk meningkatkan profesionalisme GPAI.

“Lomba ini seyogyanya dapat meningkatkan profesionalisme guru di bidang karya tulis ilmiah, karena guru selain mengajar di kelas juga seorang peneliti yang menghasilkan karya tulis melalui penelitan ilmiah di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Ia menambhakan, sistem perlombaan karya tulis ilmiah dilaksanakan dalam beberapa fase. Pada hari pertama perlombaan (21/06/22), seluruh peserta menulis makalah mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 15:00.

Pada hari berikutnya, digelar penilaian oleh dewan juri dari makalah yang telah dibuat sesuai dengan instrumen penilaian yang telah ditentukan, dan hari terakhir (23/06/22) presentasi dari para finalis sebanyak 3 (tiga) orang pada masing-masing tingkatan (SD, SMP, dan SMA/K) sekaligus penilaian akhir dan pengumuman pemenang lomba. (Subdit PAI)

Reporter : Fitri (Kankemenag Kab. Tapin)

Pewarta Foto : marfuah (Kankemenag Kab. Tapin)



Terkait