Direktur GTK Madrasah saat memantau pelaksanaan UJI PPG Daljab

Direktur GTK Madrasah saat memantau pelaksanaan UJI PPG Daljab

Bandung (Pendis) - Sejumlah 14.122 guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti Uji Pengetahuan pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Kegiatan yang digelar oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI ini serentak dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia pada Sabtu (28/01/2023).

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain saat memantau pelaksanaan  Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan di Universitas Islam Negeri (UIN) Gunung Djati Bandung mengatakan Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan secara nasional berjalan lancar. Beliau mengapresiasi guru yang telah bersemangat mengikuti kegiatan ini.

"Terima kasih dan apresiasi kepada guru yang sangat bersemangat mengikuti UP ini," ungkap Zain.

Zain juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, penyelia, pengawas, dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di seluruh Indonesia yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga UP ini terselenggara secara baik, akuntabel dan transparan. 

Menurut Zain, saat ini pemanfaatan kemajuan teknologi IT menjadi salah satu faktor kesuksesan penyelenggaraan Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan. Ia menyebut ada beberapa kendala yang ditemukan, namun tidak memberi dampak serius terhadap pelaksanaan Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan ini.

"Memang pada beberapa tempat ditemukan kendala karena hujan badai, sehingga listrik padam, dan signal terganggu, tetapi karena  kesigapan guru memakai gengset, sehingga ujian pun terlaksana dengan baik," terangnya.

Laporan para pengawas, lanjut Zain, atas kepatuhan para peserta kepada tata tertib selama ujian berlangsung juga termasuk tinggi. Hal ini patut diapresiasi. 

"Ke depan, kita berharap pelaksanaan dan tata kelola UP semakin baik dan berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UIN Bandung Prof Mahmud M. SI, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof Aan Hasanah, M.Ed., Wadek 2 Hariman Siregar, Dr Munir Kasubdit PAI Kemenag RI.