Siswa MAN 1 Banda Aceh mengikuti OSN tingkat Kota Banda Aceh.

Siswa MAN 1 Banda Aceh mengikuti OSN tingkat Kota Banda Aceh.

Banda Aceh (Pendis) - Sebanyak 21 siswa MAN 1 Banda Aceh berhasil melaju ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) tahun 2023, setelah melewati persaingan yang sangat ketat di OSN tingkat Kota Banda Aceh. Hal diketahui pasca rilis resmi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemdikbudristek, Selasa (2/5/2023) lalu.

Hasil ini kembali menegaskan MAN 1 Banda Aceh tetap eksis di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), di mana tahun sebelumnya juga berhasil mengirimkan 16 siswa ke tingkat Provinsi Aceh.

Ke dua puluh satu siswa tersebut yaitu Salwatul Aziza dan Dara Ariqah bidang studi Astronomi, Muhammad Yazid Arrazi bidang Ekonomi, Rasya Al Hawari dan Abdillah Asri bidang Informatika.

Kemudian Hurun Nazia, Rana Humaira dan Qidratun Nada bidang Kebumian, Khansa Balqis Aryanza dan Dhiratul Hikmah dari bidang Biologi. Lalu Nahla Putri Zahra, Dhia Annisfa Syarqi, dan Fatma Azzuhra Rizqina bidang Kimia.

Selanjutnya Cut Atikah Ramadhani dan Ratu Nabila dari bidang Matematika. Darajatul Ula, Ghadiza Khaila Ramadiefa, dan Nashifa Fitria dari bidang Geografi. Terakhir Yanida Iasya Putri, Zalfa Munawar, dan Illiza Khairamisa dari bidang Fisika.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, H Abrar Zym SAg MH, melalui Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat.

"Alhamdulillah, semua ini patut kita syukuri. Dapat kita lihat begitu banyak sekolah terbaik di Kota Banda Aceh, sehingga persaingan pun sangat ketat. Tapi MAN 1 Banda Aceh mampu mengirimkan 21 siswa terbaiknya ke tingkat provinsi," ungkapnya.

Nursiah juga memberikan apresiasi kepada anak didiknya serta perjuangan keras para pembina dan tim komite olimpiade madrasah.

"Selamat kepada para siswa yang berhasil lolos, perjuangan kalian sungguh luar biasa. Tetap semangat dan terus berjuang. Apersiasi juga kepada seluruh pembina dan pihak yang terlibat pada kegiatan bimbingan olimpiade selama ini, baik pembinaan rutin maupun saat karantina," ujarnya.

Selanjutnya, Nursiah juga bertekad kembali mengharumkan nama madrasah dan Aceh di tingkat nasional. Di mana pada tahun 2022 lalu, MAN 1 Banda Aceh berhasil menyumbangkan satu-satunya medali Emas OSN tingkat Nasional untuk Aceh.

"Dengan raihan ini, kita dapat membuktikan bahwa madrasah bukan hanya unggul di bidang keagamaan saja, melainkan juga mampu bersaing di bidang sains dan teknologi. Dengan kerja keras dan keterlibatan semua pihak, insya Allah MAN 1 Banda Aceh ke depan dapat kembali mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional," pungkasnya. (Amru Sujud)