40 Kepala MA Kabupaten Tuban Ikuti Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah oleh BDK Surabaya

Selasa, 7 Maret 2023 06:18 WIB
Pendis

Kakankemenag Tuban didampingi Kasubag TU BDK Surabaya sedang menyerahkan ATK kepada peserta

Kab. Tuban (Pendis) - Kembali Balai Diklat Keagamaan Surabaya mengadakan giat Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK), Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah bagi 40 Kepala Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta, yang dilaksanakan di Kementerian Agama kabupaten Tuban tepatnya di MAN 1 Tuban, Senin (06/03/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Munir, membuka dan menyampaikan materi Pembangunan Bidang Agama. Dalam arahannya ia mengatakan seluruh Kepala Madrasah beserta gurunya harus ikut program Digital Manajemen Madrasah yang merupakan kebutuhan.

"Target semester awal ini sudah jalan dengan menggandeng tim IT dari pihak ketiga, sehingga akreditasi mendatang madrasah sudah tidak bingung lagi," terangnya.

Menurutnya, pihaknya melalui Seksi Pendidikan Madrasah proses melakukan pendampingan manajemen madrasah kepada pengawas, yang nantinya pengawas ini yang akan menularkan ilmunya kepada madrasah. "Kalau pendampingan akreditasi lembaga bisa bayar mahal kepada pihak ketiga, kali ini tidak, karena Pengawas yang diterjunkan, yang sebelumnya kami latih terlebih dahulu," papar pria kenyang pengalaman ini.

Selain itu, masih menurut Munir, pihaknya akan melatih madrasah untuk mengirimkan tenaga untuk pelatihan jurnalis atau kehumasan madrasah. "Sesuatu yang baik harus disiarkan biar orang lain tahu, sebesar apapun kegiatan kalau tidak disiarkan orang tidak akan tahu, demikian juga sebaliknya," tuturnya.

Dalam pelatihan tersebut akan diajarkan bagaimana cara menciptakan berita, mendesain dan mengatur berita. "Kami akan menggandeng pihak ketiga untuk membuat Flayer, Twibbon, Spanduk dan info2 berbasis desain grafis," lanjutnya.

Sementara itu, Kasubag TU Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muslimin, berpesan kepada peserta supaya mengikuti kegiatan ini sampai paripurna.
"Tidak boleh meninggalkan tempat selama pelatihan, anggap ini pelatihan di Balai Diklat dan diikuti secara final, mengingat penjamin mutu acara ini adalah Balai Diklat, semoga pelatihan bisa tertib dan lulus semua," paparnya.

Pria asal Kota Soto ini menjelaskan alasan PDWK ini diantaranya agar bisa mengefisiensi waktu dan anggaran. "Hasil efisiensi bisa dipakai kegiatan lain, efisiensi itu banyak, mulai makan, kalau di Surabaya 3 kali, penginapan, kebersihan, listrik dll, kalau di tempat kerja makan cukup satu kali dan tidak memerlukan penginapan, selain itu untuk pemerataan siklus pelatihan pegawai," jelasnya.

Faktanya, selaku pengelola dituntut untuk berinovasi agar pelatihan bisa lancar dan menjangkau semua pihak, tidak hanya PNS tapi juga PPPK.

Sebagai informasi, menurut keterangan Ketua Panitia, Abdul Mutohar, peserta mendapatkan pelayanan konsumsi dua kali snack, satu kali makan siang, uang transport dan uang harian langsung ke rekening. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 6-11 Maret 2023, dengan Widya Iswara Dr. Hj. Rofikatul Karimah, S.Ag., M.Si dan Dr. H. M. Musfiqon, M.Pd. (Lai)


Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan