Mahasiswa Prodi KPI IAIN SAS Babel Kunjungi In Radio dan Sonora Grup

Mahasiswa Prodi KPI IAIN SAS Babel Kunjungi In Radio dan Sonora Grup

Bangka (Pendis)--Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang merupakan peserta mata kuliah Teknik Produksi Siaran Radio melakukan kunjungan ke In Radio dan Sonora Grup untuk melakukan praktek siaran dan pengenalan proses siaran radio yang ada di Pangkal Pinang, pada Rabu 17/05/2023

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah In Radio 97,6 FM yang berlokasi di lantai 3, kantor Gubernur Bangka Belitung, Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov Bangka Belitung. Dalam kunjungan tersebut mahasiswa KPI di berikan penjelasan tentang peralatan yang digunakan dalam memproduksi siaran radio, tidak hanya itu disana juga diajarkan tentang tata cara melakukan opening siaran, membuat playlist lagu, dan di jelaskan tentang teknik Voice Over.

Dwi Krisdianto selaku Ketua Koordinator In Radio menjelaskan bahwa In Radio terbuka untuk menjadi wadah bagi mahasiswa KPI yang berminat untuk mempelajari dunia siaran, tidak hanya saat kunjungan formal maupun informal.

Setelah melakukan kunjungan ke In Radio 97,6 FM, mahasiswa KPI melanjutkan kunjungannya ke Sonora Group yang beralamatkan di Jalan Toniwen, Bintang Kecamatan Rangkui Kota Pangkal Pinang. Sonora Group  terdiri dari empat radio yakni Radio Sonora, Radio Prima, Radio Motion, dan Radio Palupi. 

Rudi salah satu crew di Sonora Grup menjelaskan bahwa Radio Sonora Group terdiri dari 4 jenis radio dengan nama udara dan siaran yang berbeda. Radio Sonora memiliki target pendegar dari usia menengah ke atas dengan playlist lagu yang bisa di dengar oleh semua usia, Radio Motion memiliki target pendengar dari usia menengah ke bawah dimana playlist lagunya bisa di dengar oleh anak muda, pendengar radio Motion mendapat sebutan teman motion dengan program Buka WhatsApp, dalam program tersebut teman motion bisa bertukar cerita dengan penyiar yang ada di radio Motion.

Kemudian Radio Prima memutarkan lagu-lagu dangdut yang target pendengarnya adalah golongan menengah ke bawah, biasanya radio ini membawakan berita tentang perekonomian yang ada di Indonesia khususnya Bangka Belitung. Terakhir ada, radio Palupi, Radio ini memainkan lagu-lagu mandarin, Korea, dan Jepang, pada Minggu pagi radio ini juga melakukan siaran tentang Dunia Anak.

Salah satu tim Produksi dari Radio Sonora Group yaitu Marsellus Wibowo juga ikut menjelaskan proses produksi audio radio dan juga cara editing audio dan ikut memberikan saran kepada mahasiswa KPI supaya siaran radio yang ada di kampus IAIN SAS Bangka Belitung tetap hidup.

Safril, M.Sos selaku dosen pengampu mata kukiah Teknik Produksi Siaran Radio di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam menyampaikan rasa syukurnya karena kunjungannya bersama mahasiswa KPI dapat diterima secara terbuka oleh dua media radio tersebut. 

Ia mengatakan sebagai dosen pengampu Mata Kuliah Teknik Produksi Siaran Radio di Prodi KPI merasa bersyukur dan berterimakasih kepada In Radio dan Sonora Grup In Radio dan Sonora Grup begitu terbuka dan antusias menerima kehadiran mahasiswa untuk berkunjung sekaligus melihat dan belajar mengenai produksi dan siaran radio, 

Savril tentu ini sangat membantu dan memberi kemudian kepada mahasiswa agar lebih memahami dan melihat langsung proses produksi siaran radio langsung di kantor radionya sehingga pemahaman yang didapat akan lebih mendalam dan tidak sekedar teori saja." Ujar Safril 

Penulis: Yuyun Oktafina