Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno Yaqut

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno Yaqut

Kendari (Pendis)— Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno Yaqut membuka gelaran Expo MYRES (Madrasah Young Researches Supercamp) tingkat Nasional 2023 di GOR Apriani Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Para peserta Expo MYRES merupaka finalis perwakilan beberapa provinsi se Indonesia yang sebelumnya melalui tahapan seleksi Penelitian atau research.

Kehadiran Penasehat DWP Kemenag RI didampingi Ketua DWP Unit Pelaksana (UP) Ditjen Pendidikan Islam, Hilda Ali Ramdhani beserta jajarannya disambut langsung Ketua DWP Kemenag Sultra, Nurna Saleh dengan penyerahan sebuah buket bunga. 

"Penelitian dari siswa-siswi madrasah yang dipamerkan dalam ajang Expo MYRES ini akan diuji originalitasnya dan efektivitasnya," ucap Eny  dalam arahannya, Senin (4/9/2023).

Menurutnya bahwa karya yang dipamerkan pada ajang Myres Expo merupakan karya inovasi hasil pemikiran siswa-siswi madrasah. Hal ini  membuktikan bahwa MYRES tidak hanya ada dalam takaran kontekstual teoritis yang hanya ada di awang-awang. Tapi benar-benar bisa membumi dan mempengaruhi kehidupan nyata sehari-hari, ungkap Eny.

Lebih lanjut, Ia mengatakan MYRES mengajarkan keterampilan cara bersikap, berpikir dan bertindak secara ilmiah. Ini penting sekali seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tentu memiliki dampak di setiap lini kehidupan.

“Apapun prestasi yang didapatkan baik akademik maupun non akademik, tujua akhirnya adalah sejauh mana prestasi itu berdampak baik dan memberi manfaat kepada orang lain. Dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemajuan masyarakat, bangsa, negara dan agama.,”ujarnya.

Eny berpesan kepada seluruh siswa-siswi madrasah untuk terus belajar menjadi lebih baik. Dari hal-hal yang mungkin sangat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, karena ada rasa ingin tahu inilah yang akan mendorong kemauan belajar lebih serius dan mendalam.

Temukanlah  masalah sehari-hari disekitar lingkungan kita, lalu kajilah untuk mengidentifikasi dan menemukan solusi. Menganalisisnya untuk menentukan langkah dan strategi untuk penyelesaiannya, terang Eny.  

"Siswa madrasah harus menjadi bagian dari problem solver yang memberikan solusi atas tantangan dari semua bentuk teknologi yang ada," tegasnya. 

Pembukaan Expo Myres Nasional 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Penasehat DWP Kemenag RI dilanjutkan dengan mengunjungi stand Expo MYRES 2023.