Salah Satu Ruang Lingkup UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Salah Satu Ruang Lingkup UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Pendis) – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, kembali torehkan prestasi luar biasa dalam bidang akreditasi pendidikan. Dalam rentang waktu empat bulan terakhir, empat Program Studi (S.1) berhasil meraih predikat Akreditasi "Unggul".

Pencapaian gemilang ini menandai keberhasilan Prodi Tadris Biologi, sebelumnya oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Prodi Ekonomi Syariah, dan Program Studi Perbankan Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Akreditasi ini, yang diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) nomor 403/SK/LAMDI/Ak/S/IV/2024 tanggal 4 April 2024, menegaskan kualitas pendidikan yang diterapkan oleh UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Prof. Marjoni Imamora, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, tidak menyembunyikan kegembiraannya: "Alhamdulillah, ini adalah capaian yang sangat luar biasa di tahun ini (2024). Kita sudah mengantongi atau memperoleh sepuluh program studi (S.1) yang terakreditasi Unggul. Ini merupakan bagian yang terus kita tingkatkan dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan akademik di UIN Mahmud Yunus Batusangkar."ujarnya

Terkait pentingnya akreditasi dalam menilai mutu pendidikan, Prof. Marjoni menegaskan, "Akreditasi Perguruan Tinggi menjadi ukuran mutu pendidikan yang diselenggarakan, dan menjadi tolok ukur bagi lembaga pendidikan menghasilkan lulusan yang berkualitas."

Dorongan ini menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika UIN Mahmud Yunus Batusangkar untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan universitas. “ujarnya”

Sementara Prof. Suswati Hendriani, Dekan FTIK, dengan penuh kebanggaan menyampaikan, "Alhamdulillah, tiada rangkaian kata yang paling indah selain mengucapkan selamat dan ucapan syukur atas tercapainya akreditasi unggul untuk Program Studi Tadris Biologi. Ini adalah kejutan indah yang tak terhitung jumlahnya, selama saya sebagai dekan di FTIK."

Prof. Suswati menambahkan, "Rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah berusaha keras untuk mendapatkan akreditasi Unggul tersebut. Ini merupakan dorongan untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan UIN Mahmud Yunus Batusangkar kedepan."

Dengan prestasi ini, UIN Mahmud Yunus Batusangkar berkomitmen untuk menjaga predikat Akreditasi Unggul serta terus meningkatkan kualitas pendidikan, layanan, dan penelitian guna melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.(dn/hb/hm)