OASE PTKI II se-Indonesia Tahun 2023 di UIN Jakarta

OASE PTKI II se-Indonesia Tahun 2023 di UIN Jakarta

Batusangkar (Pendis)- Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) II se-Indonesia Tahun 2023, yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah memasuki tahap babak Final.

Tahun ini, OASE PTKI II Tahun 2023 mengusung tema “Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs” (Building Moderate and Innovative Generation to Reach Out Sustainable Development Goals).

OASE PTKI II yang memperlombakan 25 jenis cabang lomba dalam bidang agama, sains dan riset, babak penyisihan dilakukan secara daring yang berlangsung pada 22-26 Mei 2023 yang lalu, sedangkan babak final secara luring yang digelar pada 14-17 Juni di kampus UIN Jakarta.

Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang melakoni 14 cabang lomba dari 25 cabang di perlombakan pada OASE PTKI II 2023.

Sebanyak enam cabang lomba delegasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar berhasil menembus babak final pada OASE PTKI II se-Indonesia Tahun 2023, setelah melewati babak penyisihan yang ketat. Hal ini di sampaikan Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd melalui surat keputusan panitia pusat OASE dengan nomor 039/OASE-II/UINJKT/V/2023. Jakarta Rabu (31/05/2023)

Adapun eman kategori cabang lomba yang mengantarkan UIN Mahmud Yunus Batusangkar menembus babak final yakni:

  1. Cabang Lomba Kimia atas nama Rekno Sri Wahyuni
  2. Cabang Lomba Biologi atas nama Helviana Putri Telaumbanua
  3. Cabang Lomba Literasi Inovasi Teknologi atas nama Fitria Handayani, Renna Azmar dan Yupita Putri
  4. Cabang Lomba Nano Teknologi dan Kesehatan atas nama Tazkiyatul Marjan, Erdawati dan Siti Nur Syafiqa
  5. Cabang Lomba Produk Halal dan Ketahanan Pangan atas nama Ghazi Hanif Ghazali, Natasya N. dan Zahra Ramadhani
  6. Cabang Lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan atas nama Deden Sukma Julianto, Dwi Mulya Putri dan Nurainun Fadillah Lubis

Lebih lanjut Wakil Rektor III menyampaikan rasa syukur yang telah di persembahkan oleh delegasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada ajang OASE II PTKI 2023, ajang yang paling kontributif bagi para mahasiswa untuk menunjukkan dedikasi untuk UIN MY Batusangkar. Ia juga menyebutkan bahwa setiap prestasi yang ditoreh para mahasiswa mampu menunjang akreditasi kampus maupun program studi yang saat ini tengah melakukan akreditasi internasional.

Sementara itu ditempat terpisah Rektor UIN MY Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengucapkan selamat kepada para delegasi/mahasiswa yang sudah berhasil lolos ke babak final OASE II PTKI 2023, selamat berjuang, berikan dedikasi untuk prestasi almamater UIN MY Batusangkar.

“kita berharap pada babak final nanti yang akan dilaksanakan di UIN Jakarta akan mengapai prestasi yang gemilang, Ikutilah kegiatan ini secara sungguh-sungguh, tambahnya, supaya hasilnya maksimal dan jangan lupa selalu bermunajah kepada Allah Swt” tutup Prof Marjoni. (doni)