DItjen Pendis Launching Sigap ZI

DItjen Pendis Launching Sigap ZI

Bogor (Pendis) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) melaunching Pendis Care Center atau PCC yakni program Transformasi Digital Pendampingan Piloting Zona Integritas (Sigap-ZI).

“Sigap-ZI ini merupakan layanan pendampingan secara digital bagi satuan kerja (satker) pendidikan di lingkungan Kemenag untuk bisa menjadi Zona Integritas (ZI). Adapun satker pendidikan yang dimaksud adalah madrasah negeri dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN),” ungkap Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Rohmat Mulyana Sapdi sebagai penggagas Transformasi Digital Pendampingan Piloting Zona Integritas (Sigap-ZI) dalam laporan di Bogor, Kamis (07/09/2023).

Menurutnya bahwa PCC ini merupakan usaha dalam rangka mendorong satker untuk bisa belajar mandiri (self-learning) terutama dalam menyiapkan dan mengumpulkan eviden saat pendampingan ZI.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhmmad Ali Ramdhani mengatakan  “Kami mendukung pola pendampingan ZI yang digagas melalui Sigap-ZI ini,” Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Komitmen Kemenag mengenai ZI sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan terbitnya Instruksi Menteri Agama No. 1 tahun 2012, diharapkan Satuan Kerja siap membangun zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), terangnya. 

Akan tetapi sebanya, banyak satker yang belum maksimal dalam mengupayakan ZI, dan salah satu sebabnya adalah kurang memahami berbagai hal yang perlu disiapkan, semoga PCC ini nantinya memberikan manfaat dan dampak positif mendorong Madrasah Negeri dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menuju Zona Integritas,” ujar Ramdhani saat hadir  melaunching PCC secara daring melalui zoom.

Layanan pendampingan zona integritas ini dapat diakses melalui laman Pendis Care Center atau PCC pada tautan https://pendis.kemenag.go.id/pcc/. Di dalamnya, terdapat berbagai materi yang dapat membantu satker untuk memahami makna Zona Integritas dan langkah-langkah bagaimana mencapai kategori tersebut.