Direktur KSKK Madrasah

Direktur KSKK Madrasah

Jakarta (Kemenag) – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, mengumumkan Kompetisi Pidato Nasional (KPN) 2024. Kompetisi ini berfokus pada tema-tema moderasi beragama, nilai-nilai Pancasila, toleransi, dan nilai-nilai moral, dengan tujuan menanamkan rasa persatuan dan penghormatan terhadap keragaman di Indonesia.

Kompetisi Pidato Nasional ini terbuka untuk siswa-siswi madrasah, pesantren, dan sekolah jenjang Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya, Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya, Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ulya, dan Sekolah Menengah Atas Keagamaan lainnya.

Diselenggarakan secara hybrid (offline dan online), kompetisi ini menawarkan total hadiah Rp 100 juta dan Piala Bergilir Menteri Agama Republik Indonesia. Setiap peserta akan melewati tiga tahapan. Tahap pertama adalah Babak Seleksi Administrasi dan Penilaian Konten Video pada 17-19 Juli 2024. Tahap kedua, kompetisi dilaksanakan secara online melalui platform Zoom (untuk babak eliminasi) pada 25-28 Juli 2024. Tahap ketiga, babak grand final, akan berlangsung secara offline (tatap muka) pada 9-11 Agustus 2024.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Kompetisi ini menjadi wahana baru untuk mempromosikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan moderasi beragama di kalangan generasi muda Indonesia," katanya. 

"Dengan Pancasila dan moderasi beragama sebagai landasan, kita berharap dapat membangun generasi muda yang toleran, berpikir kritis, dan mampu menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat," sambung Abu.

M. Sidik Sisdiyanto, Direktur KSKK Madrasah, mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka di panggung nasional. "Ekspresikan pemikiran, aspirasi, dan ide-ide cemerlang yang dapat membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara," ujarnya penuh semangat. 

Menurutnya, generasi muda memiliki peranan penting dalam membangun masa depan yang lebih baik. "Oleh karena itu, kami mengajak seluruh anak muda madrasah, pesantren, maupun sekolah di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kompetisi ini," ajak Direktur.

Sidik menambahkan, agar generasi muda bisa menunjukkan bahwa Indonesia memiliki generasi yang kompeten, cerdas, dan penuh dedikasi dalam menjaga kedamaian, memupuk rasa toleransi, dan saling menghormati di antara beragam latar belakang agama dan budaya.

Informasi mengenai pendaftaran peserta Kompetisi Pidato Nasional dapat diakses secara online melalui laman madrasah.kemenag.go.id/kpn2024 mulai 4-16 Juli 2024. Jangan sampai tertinggal!
 

BR