Penampilan Tim Hadrah MAN 1 Jembrana  pada OASE KIM

Penampilan Tim Hadrah MAN 1 Jembrana pada OASE KIM

Jembrana (Pendis) – Syubbanul Hidayah, tim hadrah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana berhasil tampil memukau di hadapan Ibu Negara RI, Ny. Iriana Joko Widodo dalam acara Sosialisasi Moderat Sejak Dini bertajuk “Cintai Tuhan dengan Cintai Indonesia” di Hotel Renaissance, Nusa Dua, Badung pada Minggu (24/09/2023). 

Rombongan kenegaraan terdiri dari Ibu Negara, Ny. Wury Ma’ruf Amin, Ny. Eny Retno Yaqut, Ny. Franka Franklin Makarim, beserta sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju (KIM). 

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan OASE KIM diikuti oleh sekitar 500 pelajar lintas agama dari berbagai sekolah di Bali yang bertujuan untuk memperkuat rasa solidaritas serta moderasi beragama kepada masyarakat, khususnya generasi muda. 

Kesan mendalam disampaikan oleh Eny Retno Yaqut selaku ketua panitia acara. Beliau menungkap tampilan hadrah ini selaras dengan konsep acara moderasi dan toleransi. Sajian seni Islami yang dikemas dengan perpaduan akulturasi Islam dan budaya lokal (Bali) mampu hadirkan nuansa semangat anak muda dalam berkreasi, bermoderasi, dan bertoleransi. 

“Terima kasih atas suguhan seni yang luar biasa ini, anak-anak muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa toleran, antikekerasan, serta mampu menerima tradisi lokal,” tutur Eny. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Komang Sri Marheni  juga turut mengapresiasi tim hadrah yang sudah tampil maksimal dalam menyambut rombongan kenegaraan. 

“Selamat dan sukses atas persembahan terbaik dari Hadrah MAN 1 Jembrana. Amanah yang kami berikan sudah diemban dengan sangat baik. Sukses selalu untuk anak-anakku,” ucapnya memotivasi. 

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya, tak henti terus berbangga atas pencapaian ini. Selain bidang akademik, bidang nonakademik dalam hal ini seni juga mampu memberikan persembahan terbaik dan bisa tampil di hadapan Ibu Negara. 

Menurut Agus, amanah yang diberikan kepada tim hadrah MAN 1 Jembrana merupakan hal yang sangat berkesan sehingga persiapan yang sangat matang dilakukan oleh Mansaja. 

“Ini adalah momen luar biasa. Tak ada kata selain haru dan bangga atas kesempatan yang diberikan sehingga tim hadrah MAN 1 Jembrana bisa tampil memberikan persembahan di depan Ibu Negara. Kalian adalah anak-anak pilihan yang sudah tampil totalitas dan membanggakan,” ujar beliau penuh semangat.

Sebagai bentuk apresiasi, tim Syubbanul Hidayah MAN 1 Jembrana berkesempatan untuk melakukan sesi foto bersama dengan Ny. Eny Retno Yaqut dan Ny. Franka Franklin Makarim didampingi Ibu Kakanwil Kemenag Provinsi Bali. (fjr)