Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI akan menggelar Malam Tasyakuran Hari Guru Nasional 2023, Jum'at (24/11/2023) malam nanti.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan Hari Guru Nasional Tahun 2023 mengangkat tema “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar”. Menurutnya, Guru Pembelajar adalah seorang pendidik yang berperan sebagai fasilitator pembelajaran dan dalam waktu yang bersamaan, mereka juga terus-menerus belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka. 

"Tantangan kita semakin kompleks, maka guru harus semakin gigih, dedikatif, sekaligus kreatif dan inovatif dalam mendidik dan membentuk akhlak peserta didik," tegas Ramdhani. 

Menurut Ramdhani, guru madrasah harus memiliki komitmen terhadap pengembangan diri dan peningkatan kualitas pengajaran mereka. Ciri khas dari seorang guru pembelajar adalah keterbukaan terhadap perubahan, refleksi diri, pengembangan diri, inovasi dan kolaborasi. 

"Guru pembelajar adalah aset berharga dalam dunia pendidikan, karena mereka dapat memberikan pengalaman belajar yang dinamis dan relevan bagi peserta didik," ungkapnya.

Kemajuan teknologi informasi, kata Ramdhani, menuntut guru dan peserta saling bekejaran dalam penguasaan literasi. Guru masa kini, menurutnya, tidak lagi cukup dengan bekal literasi baca-tulis, numerasi, sains, dan sosial-budaya, tapi juga harus menguasai literasi digital.

"Guru harus dapat mengubah mindset dan cara bekerja, dari cara-cara manual menjadi digital," tandasnya.  "Maka teruslah menjadi pembelajar," tambahnya.

Bahagia mengajar, lanjutnya, adalah kondisi di mana seorang guru merasa senang, bersemangat, dan puas dalam melaksanakan tugas mereka sebagai pendidik. Guru yang bahagia cenderung lebih efektif dalam mengajar karena energi positif mereka dapat memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. 

Menurut Ramdhani, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan guru merasa bahagia dalam mengajar meliputi hubungan baik dengan siswa, pencapaian akademik siswa yang memuaskan, dukungan dari rekan-rekan guru, dan perasaan pencapaian pribadi dalam memberikan pendidikan yang bermakna.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, M. Zain menyampaikan Malam Tasyakuran HGN 2023 memiliki tujuan sebagai glorifikasi dalam penyelesaian dan penerbitan SK Inpassing Guru Madrasah sebanyak 98.972.

"Nantinya, akan ada penyerahan SK Inpassing yang langsung disampaikan oleh Menteri Agama," tukas Zain.

Gelaran ini, kata Zain, akan dilaksanakan di Basket Hall Gelora Bung Karno pada Jum’at, 24 November 2023 malam Pukul 19.30 WIB.

"Dan kami  targetkan gelaran ini akan dihadiri 3.000 guru dan tendik di bawah binaan  Kementerian Agama RI," ungkap Zain.

Untuk diketahui, Malam Tasyakuran HGN 2023 juga akan menjadi pelaksanaan pemberian penghargaan bagi guru madrasah berprestasi sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap guru madrasah.


Tags: # HGN2023