Siswa MAN 4 Jakarta saat melaksanakan ujian Bahasa Mandarin

Siswa MAN 4 Jakarta saat melaksanakan ujian Bahasa Mandarin

Jakarta (Pendis) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta Selatan merupakan salah satu Madrasah yang berada di kota Jakarta Selatan. Madrasah ini menggunakan tiga kurikulum sekaligus dalam salah satu program kelas unggulannya. Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Kemendikbudristek, Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Cambridge. Ketiga Kurikulum tersebut menjadi pembeda antara MAN 4 Jakarta Selatan dan Madrasah lainnya di Indonesia.

Tepatnya pada tahun 2017, MAN 4 Jakarta Selatan mulai membuka kelas program unggulan yakni kelas Program Unggulan Cambridge AS Level. Program Cambridge yang terdiri dari program IPA dan IPS ini setiap tahunnya mengikuti ujian Cambridge yang diselenggarakan oleh Cambridge sebagai pemegang resmi kurikulum Cambridge. Hal tersebut dikarenakan MAN 4 Jakarta Selatan merupakan Madrasah yang menjadi Cambridge Centre yang terdaftar secara resmi di Cambridge University, UK.

Bahasa Mandarin sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di kelas Cambridge program IPS menjadi mata pelajaran yang sangat disukai oleh siswa. Beberapa siswa bahkan mengatakan jika ketertarikannya untuk memilih program Cambrigde karena adanya mata pelajaran Bahasa Mandarin.

Sebagaimana pelaksanaan ujian tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan ujian Bahasa Mandarin MAN 4 Jakarta tidak mengikuti ujian Cambridge tetapi mengikuti ujian HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi).

Ujian HSK 1 dan HSK 2 adalah ujian Bahasa Mandarin tersertifikasi Internasional diselenggarakan oleh RRC, China. Tes HSK ini terdiri dari tes membaca, menulis dan mendengarkan untuk menilai kemampuan penuturan bahasa Mandarin non penutur asli bahasa Mandarin dalam menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, akademis dan juga secara profesional.

Pada pelaksanaan ujian HSK tahun ini tercatat 6 orang siswa MAN 4 Jakarta Selatan yang berhasil mendapatkan score 200. Score 200 dalam HSK berarti full score (A/nilai 100), pada Senin (12/02/2024).

Keenam siswa kelas XII IPS program Cambridge tersebut adalah :
1. Aisha Shofi Kamila 
2. Aqila Danishara Wibowo 
3. Huwaida Rafifa Yumna 
4. Kiagus Ahmad Rifat 
5. Fina Nailatuzzahra 
6. Rayi Nitia Atareksi

Selamat!! (H5h)