epala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha

epala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha

Palu (Pendis) -- Sebanyak 20 Kepala Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) di Sulawesi Tengah menerima Bantuan Pengadaan Server dan Jaringan Komputer  (CBT) MTS Tahun anggaran 2023. Bantuan ini berasal dari Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 

Penyerahan tersebut diberikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha kepada tiga Kepala Madrasah Swasta yakni MTs An Nuur Buuts Palu, MTs Alkhairaat Tulo Kabupaten Sigi, dan MTs Alkhairaat kola-kola Kabupaten Donggala, pada  Upacara HUT Ke-78 RI, Kamis 17 Agustus 2023. Penyerahan disaksikan Pejabat Administrator Kanwil Kemenag Sulteng serta para peserta upacara HUT ke-78 RI di halaman Kanwil Kemenag Sulteng. 

Kakanwil Ulyas berharap agar sarana CBT tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan dalam peningkatan pembelajaran pada madrasah swasta di Sulteng. Selain itu merupakan salah satu bentuk perhatian pusat bagi layanan pendidikan di madrasah swasta di Sulteng. 

Senada hal itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kiflin juga mengapresiasi perhatian Kemenag Pusat dalam hal ini Ditjen Pendidikan Islam Direktorat KSKK, yang memberikan bantuan tersebut. 
“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian Kemenag kepada madrasah di Sulteng, bahwa antara madrasah negeri dan swasta dalam hal pelayanan pendidikan tidak ada perbedaan. Bantuan ini diharapkan dapat memaksimalkan layanan pendiidkan di tingkat madrash khususnya yang mendapatkan bantuan,” jelasnya. 

Ia melanjutkan, alasan madrasah swasta yang mendapatkan bantuan untuk tahun ini, ,karena madrasah swasta saat ini lebih membutuhkan, sehingga, madrasah swasta dituntut agar memperbaiki diri, serta meningkatkan meningkatkan layanan pendidikan serta senantiasa melakukan inovasi pada madrasahnya. 

Menurutnya masing masing madrasah menerima lima unit CBT per madrasah, dengan spesifikasi komputer 1 unit untuk server dan 4 unit untuk operasional.  Sehingga total yang diberikan adalah 100 unit untuk Sulteng. 

“Kami sangat bersyukur, karena tahun ini penerima bantuan lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ungkap Kiflin. Tahun 2022, madrasah penerima bantuan CBT berjumlah 11 madrasah, empat diantaranya adalah madrasah aliyah. Sedangkan tahun ini penerima bantuan berjumlah 20 madrasah dengan sebaran lebih luas, hingga di Banggai Kepulauan, Bahkan morowali Utara. 

Dua puluh MTsS tersebut sebelumnya telah mengajukan dan memenuhi persyaratan penerima bantuan di aplikasi SIMSARPRAS. Dalam aplikasi tersebut, admin Kabupaten maupun Kanwil dapat mengecek pengajuan masing-masing madrasah swasta. Namun untuk penentuan penerima (verifikasi) ditentukan oleh pusat. Dalam aplikasi tersebut madrasah swasta tidak hanya dapat mengajukan permohonan bantuan CBT, namun berbagai kebutuhan madrasah seperti pengadaan meubelair hingga pembangunan RKB. 
Berikut Daftar penerima bantuan CBT bagi madrasah  tsanawiyah swasta di Sulteng. 
1.MTsS NURUL IMAN BERINGIN JAYA BANGGAI
2.MTsS AL KHAIRAAT SALAKAN BANGGAI KEPULAUAN
3.MTsS LUKSAGU BANGGAI KEPULAUAN
4.MTsS AL MUHAJIRIN KOKOBUKA BUOL
5.MTsS AL KHAIRAAT BUOL
6.MTsS MARAQITTALIMAT MODO BUOL
7.MTsS AL MISBAH BUOL
8.MAS ALKHAIRAAT KOLA-KOLA DONGGALA
9.MTsS SYEKH LOKIYA TOWALE DONGGALA
10.MTsS ALKHAIRAAT SINDUE DONGGALA
11.MTsS ALKHAIRAT TOMPE DONGGALA 
12.MTsS TERPADU AN NUR BUUTS KOTA PALU
13.MTsS ALKHAIRAAT WOSU MOROWALI
14.MTsS AL-KHAIRAAT DESA KOYA MOROWALI UTARA
15.MTsS ALKHAIRAT PELAWA PARIGI MOUTONG
16.MTsS ALKHAIRAAT POSO POSO
17.MTsS AL IKHLAS BANYUSARI POSO
18.MTsS ALKHAIRAAT PALOLO MAKMUR SIGI
19.MTsS ALKHAIRAAT TULO SIGI
20.MAS ALKHAIRAAT UEKULI TOJO UNA UNA


Tags: # madrasah