Illiza, Anggota DPRI Asal Aceh Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UIN Ar-Raniry

Illiza, Anggota DPRI Asal Aceh Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda UIN Ar-Raniry

Banda Aceh (Pendis) --- Anggota DPR RI Asal Aceh, Hj Illiza Sa'aduddin Djamal menyampaikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda sarjana dan pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelombang III Tahun Akademik 2022/2023, di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (19/9/2023).

Dalam orasinya, Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa'aduddin Djamal menjelaskan bahwa saat ini kita berada di garis terdepan zaman yang mendebarkan dan menjanjikan. Kemajuan pesat teknologi dan globalisasi pasar menciptakan peluang pertumbuhan dan kesejahteraan bagi individu, keluarga, organisasi, masyarakat dan Negara. 

Namun selaku pendidik dan institusi pedidikan kita bertanya, apakah mahasiswa kita dipersiapkan untuk memanfaatkan peluang yang semakin banyak dan apakah mereka siap menghadapi tantangan yang muncul? 

Menurutnya, era lalu, individu yang memiliki informasi dan fakta terbanyak di kepala adalah yang paling beruntung dalam profesi mereka, namun di era ini, dengan kemajuan teknologi informasi, fakta-fakta yang dulu rahasia dagang dapat diakses di setiap sudut bumi dengan hanya sekali sentuh.
 
"Profesi elite dulu kini diserahkan pada smartphone atau pada orang yang tingkat pendidikan dan gaji rendah. Pengetahuan faktual saja sudah bukan lagi menjadi pembeda antara yang sukses dan yang tidak sukses," ungkap Anggota DPRI asal Aceh ini dihadapan ribuan wisudawan, Selasa (19/9).

Lebih lanjut, Wali Kota Banda Aceh periode 2014-2017 ini menambahkan bahwa sekarang, pemenang dia era ini adalah yang memilki  kreatifitas di atas rata-rata, keterampilan analitis yang kuat, keterampilan melihat ke depan dan kejutan keterampilan bergaul. 

Saat ini, kata Illiza peran dunia diambil alih oleh para pencipta, perancang, pendengar, pemikir gambaran besar, pembuat arti, pengenal pola, mereka yang tahu cara mengoptimalkan dan menyiasati fakta secara kreatif. Semua ini mereka lakukan sambil menguasai  cara bekerja efektif dalam tim.

Pada kesempatan tersebut, politisi PPP yang juga pernah menjadi Anggota DPRK Banda Aceh dan Wakil Walikota Banda Aceh ini juga memberi gambaran terkait Pendidikan dan Esensi Ajaran Islam. 

"Kepada seluruh para mahasiswa dan Wisudawan kami berpesan bahwa ijazah kalian tidak cukup membuktikan siapa kalian di dunia luar saat ini, akan tetapi akhlak dan karater kaliannlah yang akan sanggup mengubah dunia kearah yang lebih baik dan kearah kehidupan yang  membahagiakan," ungkapnya mengakhiri orasi ilmiah. []