Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Muchammad Sidik Sisdiyanto

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Muchammad Sidik Sisdiyanto

Jakarta (Pendis) Pelaksanaan CBT bejalan dengan sangat baik di semua Titik Lokasi (Tilok) pelaksanaan SNPDB Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Tahun Pelajaran 2024/2025. Rasa Syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja bersama  sejak masa persiapan hingga akhirnya sampailah detik jelang pengumuman nanti pada tanggal 20 Maret 2024. Semua tentu berpedoman pada pola kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, demikan diungkap Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Muchammad Sidik Sisdiyanto saat memberikan arahan pada kegiatan koordinasi di Jakarta, Kamis (14/03/2024).

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah mendukung penyelenggaraan SNPDB, jika ada kekurangan bisa dijadikan input untuk perbaikan pelaksanaan ujian tahun berikutnya,”ujarnya.

Prinsip kesetaraan diterapkan kepada seluruh calon siswa yang mengikuti ujian, untuk mendapatkan kesempatan yang sama menjadi calon siswa di MAN IC, MAN PK, dan MAKN. Tidak ada diskriminasi semua berdasar pada hasil ujian, hal ini dilakukan agar mendapatkan calon siswa terbaik yang akan  melanjutkan studi di madrasah pilihannya, tegas Sidik.

Sidik juga memperkenalkan tagline baru Madrasah yakni Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia yang akan segera dilaunching dalam waktu dekat. Tagline ini akan membawa semangat baru pada kemajuan Madrasah, meningkatnya mutu dan kualitas pendidikan madrasah untuk menghasilkan peserta didik terbaik dan  madrasah yang mampu berkiprah di kancah global.

Sementara Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah Imam Bukhori dalam laporannya menyampaikan bahwa pendaftar SNPDB 31.990, yang lolos administrasi dan mengikuti test 25.393. peserta dengan rincian 21.341 peserta untuk MAN Insan Cendekia, 3.082 peserta MAN PK, dan 970 peserta MAKN. Melalui Ujian CBT ini seluruh peserta ujian akan memperebutkan kursi MAN IC sebanyak 2.636, MAN PK 548 kursi, dan MAKN 236 kursi. Dipastikan pelaksanaaan ujian berlangsung secara fair.

Imam menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyepakati bobot nilai masing-masing aspek penilaian. Yaitu: nilai potensi akademik, literasi, psikotes dan moderasi beragama, yang akan dijadikan dasat penentuan kelulusan peserta.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 14-16 Maret 2024. Peserta terdiri para Kepala MAN Insan Cendekia, Kepala MAN PK, Kepala MAKN, Tim IT SNPDB Subdit Kesiswaan, Tim Reviewer soal dari UIN Syarif Hidayatullah, serta JFT dan JFU pada Subdit Kesiswaan Madrasah.


Tags: # Madrasah