Tim Creative Design MAN IC OKI

Tim Creative Design MAN IC OKI

Tangerang (Pendis) - Tim Design Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih juara ketiga Cabang Creative Design Fest pada ajang Madrasah Fest 2023.

Even nasional yang berlangsung pada 10-12 Agustus 2023 di Hotel Atria Gading Serpong ini, merupakan hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelumnya, para peserta dari berbagai daerah telah mengikuti serangkaian seleksi di provinsinya masing-masing hingga akhirnya terpilih untuk mengikuti Grand Final di Banten.

Tim Design MAN IC OKI tersebut yakni Naedya Farhatul Uzma Ash Shofiyah, Aurariesa Salwa Rifdah Faalihah dan Muhammad Kamal Syafei.

Tema Design yang mereka buat adalah Differences are not Barriers. Artinya mengambarkan bahwa perbedaan bukanlah sebuah penghalang.

Madrasah Fest sendiri merupakan festival keagamaan madrasah yang diikuti oleh siswa madrasah terbaik se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dengan baik serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal menyampaikan apresiasi dan rasa gembiranya atas prestasi yang diraih Tim Design MAN IC OKI dengan harapan prestasi ini menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya.. 

“Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan Tim dalam mempersiapkan kompetisi yang bergensi ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui Madrasah Fest ini diikuti 817 peserta, terdiri atas 82 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 227 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 508 Madrasah Aliyah (MA). Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp370 juta. Madrasah Festival ini dilaksanakan secara online (untuk babak penyisihan) pada 24 – 27 Juli 2023 dan secara offline (tatap muka) untuk babak final pada 10 – 12 Agustus 2023.

Pembimbing Tim Design MAN IC OKI, Cipto Kurniawan  yang ikut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan UIN Jakarta sendiri siap memberikan apresiasi golden ticket berupa jalur masuk kuliah UIN Jakarta tanpa tes melalui jalur SPMB Mandiri Berprestasi di sejumlah prodi bagi para juara lomba yang digelar. 

(Tito)