Prosesi pengambilan sumpah jabatan Kepala MAN IC Bangka Tengah (12/9).

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Kepala MAN IC Bangka Tengah (12/9).

Babel (Pendis)—Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Zain melantik Kepala  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah, Ahmad Sukri Ahkap pada  Selasa (12/09/2023). 

Dalam kegiatan pelantikan sekaligus pembinaan yang digelar di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (PPT) MAN IC Bangka Tengah itu, Muhammad Zain berpesan agar pemimpin memiliki kepekaan terhadap bawahan.

“Saya harap pemimpin itu harus memikirkan bawahannya. Jangan pernah sekalipun memotong honor atau pendapatan dari bawahan meski hanya Rp5.000. Dengan itu maka kita akan menjadi pemimpin yang selalu dikenang,” katanya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar pemimpin itu memiliki sifat humanis dan kolaboratif yaitu pemimpin yang memimpin dengan hati dan mampu mengedepankan kekuatan kolektif yang dimiliki dalam organisasi.

“Pemimpin itu, harus memiliki kepekaan dan empati yang tinggi dalam memimpin tim untuk bekerja sehingga tidak ada istilah super man melainkan super team,” tegasnya.

Ia menambahkan, dalam memimpin MAN IC Bangka Tengah, kepala yang baru dilantik dituntut mampu mengembangkan prestasi MAN IC Bangka Tengah di tingkat regional maupun nasional.

“Kepala yang baru dilantik punya tantangan untuk lebih memajukan MAN IC Bangka Tengah yang selama ini telah berprestasi. Hal itu dapat diraih dengan berkolaborasi dan membangun kekuatan tim dalam mencapai tujuan bersama,” imbaunya.

Pada akhir sambutan, Direktur GTK mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala MAN IC Bangka Tengah periode pertama, Musran atas dedikasi dan pengabdian selama 8 tahun.

Sementara itu, Ahmad Sukri Ahkap usai pelantikan mengatakan siap mengemban amanah untuk menakhodai MAN IC Bangka Tengah merealisasikan visi misi madrasah.

“Dalam Memegang amanah sebagai Kepala MAN IC Bangka Tengah tentu harus dijalankan dengan penuh integritas. Oleh karena itu, saya harap seluruh civitas academica dapat bersinergi sehingga MAN IC Bangka Tengah semakin berjaya,” katanya penuh semangat.

Acara pelantikan berlangsung khidmat dengan dihadiri unsur pimpinan Kementerian Agama dari tingkat provinsi hingga kabupaten, para kepala madrasah, dan pengawas se-Pulau Bangka.