Kemenag Perkuat Asesmen Madrasah Tahun 2023

Kemenag Perkuat Asesmen Madrasah Tahun 2023

Bogor (Pendis)--Peningkata mutu pendidikan madrasaah terus dilakukan termasuk pada proses pengembangan soal asesmen atau ujian. Tahun 2023, Direktorat KSKK Madrasah mengembangkan model ujian dengan membangun soal yang berkarakter HOTs (Higher Order Thinkin Skill).

Subdit Kurikulum dan Evaluasi merancang kegiatan dengan tema “Penyusunan Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah”. Kegiatan ini mengundang guru mata pelajaran PAI dan bahasa Arab dan mapel umum. Mereka adalah guru pilihan dari madrasah unggulan. Kegiatan juga menghadirkan narasumber ahli dalam bidang asesmen baik dari perguruan tinggi keagamaan Islam negeri maupun perguruan tinggi umum ternama.

Pada laporannya, Kasubdit menyampaikan ”Bapak dan ibu, pada kegiatan penyusunan kisi-kisi asesmen madrasah angkatan ke dua ini, kita akan membuat bank soal untuk asesmen madrasah. Bapak dan ibu diminta merancang contoh soal dengan karakter HOTs”, ungkap Pak Suwardi.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan,Direktur KSKK Madrasah berpesan “alhamdulillah, dua tahun ini tidak ada kegaduhan pada ujian madrasah. Ini adalah prestasi, dan saya kira merupakan sumbangsih bapak dan ibu penyusun kisi-kisi ujian. Pada tahun 2023 ini saya berharap supaya soal madrasah dapat menjadi stimulus atau perangsang bagi siswa untuk lebih bisa berpikir kreatif dan menyenangkan sebagai pembelajar. Semua itu berpulang kepada guru, maka kesempatan ini harus digunakan untuk menimba ilmu. Manfaatkan ilmu dari para narasumber yang kompeten yang akan membersamai bapak dan ibu, pesan Prof. Isom.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai Rabu-Jumat 1-3 Maret 2023 bertempat di hotel The Mirah kota Bogor Jawa Barat (Mujahid).


Tags: # madrasah