Kemenag Persiapkan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022

Kemenag Persiapkan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022

Jakarta (Pendis) - Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai HAN diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

HAN merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi kita dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Seiring dengan hal tersebut, Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam turut memperingati dan merayakan Hari Anak Nasional 2022. Puncak acara peringatan HAN 2022 yang bertema "Anak Telindungi, Indonesia Maju" akan dilaksanakan pada Agustus 2022, di Junggleland Adventure Park, Sentul City, Jawa Barat. Peringatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Untuk mempersiapkan perhelatan akbar tersebut, Kementerian Agama melakukan beberapa persiapan. Salah satunya yang dilakukan oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam yang mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Perayaan Hari Anak Nasional 2022 pada, Selasa Pagi, (26/7), di ASTON Bellevue di Bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

“Kita punya konsep bahwa  Hari Anak Nasional ini akan kita rayakan bersama dengan Bapak Menteri Agama beserta Ibu, agar gaungnya lebih terdengar”, disampaikan Dr. Hamam Faizin selaku konsultan acara peringatan HAN 2022 pada pembukaan FGD pagi ini mewakili Direktur KSKK Madrasah Moh. Isom.
 
FGD ini dilaksanakan secara hyrid yang dihadiri oleh para Kepala Raudhatul Athfal dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan swasta di wilayah Jabodetabek, Kepala Seksi Madrasah Kan. Kemenag Kab. Bogor, pengurus Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) pusat, dan para pelaksana di Direktorat KSKK Madrasah.Dan juga hadir dari pihak penyelenggaran event organizer.

Ada tiga acara besar Hari Anak Nasional 2022 hingga ke acara puncaknya Agustus mendatang. Pertama, Produksi Lagu thema Hari Anak Nasional. Kedua, Ibu Menteri Agama Eny Retno Yaqut akan mengajar di RA Purwaninda 5 Nurul Fajar yang berlokasi di Komplek Kemenag Pabuaran, Bojong Gede, Bogor. Dan yang Ketiga, Pentas Hari Anak Nasional.

“Meskipun Hari Anak Nasional sudah lewat 23 Juli kemarin, mudah-mudah nanti pada acara puncaknya kita tidak kehilangan momentum perayaan HAN”. Sambung Hamam. Karena pada perayaan HAN kali ini bukan hanya sekedar melakukan prosesi perayaan biasa, namun akan dilakukan pembuatan video klip Hari Anak Nasional yang mana panitia HAN sudah mempersiapkan lagu thema Hari Anak Nasional yang diciptakan dan diaransemen secara khusus bekerja sama dengan Etta Herawaati (Mba Bertha).

Lagu thema HAN ini sangatlah spesial, karena akan dinyanyikan sendiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ibu Eny Retno Yaqut selaku Pembina Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI. 

Turut menghadiri FGD ini secara daring zoom beberapa perwakilan Kepala Bidang Madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Provisi.  membahas segala teknis persiapan untuk pelaksanaan puncak acara Hari Anak Nasional 2022.