Kemenag Susun Panduan Instrumen  Asesmen Hasil Belajar Kurikulum Merdeka

Kemenag Susun Panduan Instrumen Asesmen Hasil Belajar Kurikulum Merdeka

Bogor (Pendis)--Penerapan kurikulum merdeka telah memasuki tahun kedua di madrasah. Penguatan implementasi kurikulum ini terus diupayakan. Salah satu langkahnya adalah dengan penyusunan panduan instrumen penilaian hasil belajar kurikulum merdeka. 

Direktorat KSKK Madrasah merancang kegiatan yang bertujuan mendukung implementasi kurikulum tersebut. Dr.Suwardi, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka mendekatkan tujuan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi juga menegaskan bahwa kegiatan ini mengundang guru dan kepala madrasah yang telah mempraktikkan kreativitas dan inovasi di madrasah masing-masing. Mereka akan menyusun panduan penilaian hasil belajar kurikulum merdeka. 

Direktur KSKK Madrasah Moh. Isom menyampaikan “Saya bangga, sebab madrasah lebih cepat dalam menyusun panduan penilaian hasil belajar. Saya harap panduan ini adaptif terhadap kemajuan dan perkembangan zaman. Sebab saat ini kita tengah berada pada era globalisasi, dunia tanpa batas. Cepat atau lambat dunia pendidikan akan terdampak. Saat covid 19 misalnya, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, siswa dan guru belajar secara daring (dalam jaringan). Saat ini teknologi informasi semakin maju. Banyak tenaga manusia yang tergantikan oleh peran mesin. Madrasah mesti hadir sebagai lembaga pendidikan yang siap menjawab perubahan” pesan Prof. ahli tafsir ini.

Kegiatan mengambil tema “Penyusunan panduan instrumen hasil belajar kurikulum merdeka” dilaksanakan di hotel Royal Padjadjaran Kota Bogor sejak Kamis-Sabtu, 4-6 Mei 2023.  (Mujahid)


Tags: # madrasah