Gedung IAIN Salatiga

Gedung IAIN Salatiga

Salatiga (Pendis)-Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS), jurnal ilmiah yang dikelola oleh Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil menduduki peringkat pertama di Asia pada kategori kajian keagamaan/religious studies versi Scimago Journal & Country Rank (SJR). Menurut data yang dikeluarkan oleh SJR per 11 Mei 2022, IJIMS berhasil masuk Quartile 1 dengan skor sebanyak 0.393. Dengan skor sebanyak itu, IJIMS berhak menempati posisi ke-25 dari 595 jurnal ilmiah kategori kajian keagamaan yang ada di seluruh dunia.

"Eksistensi PTKI tidak hanya membangun peradaban di Indonesia tetapi juga peradaban dunia. Artinya kontribusi ilmiah sivitas akademika PTKI terhadap pembangunan peradaban global sangat tinggi," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani.

Sedangkan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof. Amin Suyitno menilai jurnal ilmiah sebagai tolok ukur kualitas akademik perguruan tinggi, "Perguruan Tinggi yang berkualitas pasti bisa mengelola jurnal ilmiah yang bereputasi global. Pengelolaan jurnal ilmiah dan kualitas akademik itu berbanding lurus."

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh IJIMS, “Alhamdulillah, berkah dan pencapaian IJIMS ini tentu akan selalu kami syukuri. Prestasi ini akan kami pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun yang akan datang."

Lebih lanjut, Prof. Zakiyuddin mengatakan bahwa keberadaan IJIMS dan jurnal PTKI di jajaran tertinggi daftar ranking adalah buah kerja sistematis dan kolaboratif yang tidak semata mengharumkan nama IAIN Salatiga tetapi juga berimbas pada nama baik PTKIN serta Kementerian Agama.

"Prestasi ini tentu harus dipertahankan dan harus selalu ditingkatkan. Salah satu tujuan dibentuknya IJIMS adalah untuk mempermudah proses para tenaga pendidik di IAIN Salatiga agar bisa menjadi guru besar. Saya harap hadirnya jurnal bereputasi internasional di IAIN Salatiga bisa membantu proses tersebut. Agar kelak ketika IAIN Salatiga bertransformasi menjadi UIN semua sumber dayanya sudah siap," ujarnya dalam Pembinaan Pegawai di Auditorium IAIN Salatiga, Rabu (11/05/2022).

Selain IJIMS, ada lima jurnal lain di lingkungan PTKI yang menduduki peringkat 10 besar jurnal bereputasi se-Asia, yaitu: Journal of Indonesian Islam (JIIS) UIN Sunan Ampel Surabaya (peringkat kedua); (3) Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), IAIN Kudus (peringkat ketiga); (4) Studia Islamika PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (peringkat keempat); (5) Islamic Guidance and Counseling Journal Institut Agama Islam Maarif Nahdlatul Ulama (IAIMNU) Metro Lampung (peringkat keenam); dan Al-Jami'ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (peringkat kesembilan).