Penyusunan Roadmap Peningkatan Kompetensi Dosen pada UIN Imam Bonjol Padang

Penyusunan Roadmap Peningkatan Kompetensi Dosen pada UIN Imam Bonjol Padang

Padang (Pendis) — Kelulusan Short Sourse Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) sangat penting, karena menjadi tiket mengikuti sertifikasi dosen. 

Hal itu ditegaskan pada penyusunan Roadmap Peningkatan Kompetensi Dosen pada Universitas Islam Negerin (UIN) Imam Bonjol Padang oleh Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Ruchman Basori secara daring pada Jum'at (25/08/2023).

“Penguasaan kompetensi pedagogis yang menjadi target utama, moderasi beragama, penulisan karya ilmiah dan pemahaman akan karir dan jabatan dosen harus dikuasai dengan baik," terang Ruchman.

Pria yang juga Ketua Project Management Unit Beasiswa Indonesia Bangkit (PMU BIB) Kemenag ini menjelaskan PKDP adalah salah satu program BIB Kemenag katagori non gelar, yang dibiayai dengan anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pada tahun 2022 tidak kurang dari 1.700 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ikut ambil bagian dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 2.500 orang yang tersebar di 19 Perguruan Tinggi Penyelenggara PKDP. 

Ruchman menyadari tidak semua dosen mempunyai latar belakang ilmu paedagogik yang memadahi, karenanya PKDP menjadi piranti penting. Kompetensi lain yang diharapkan dikuasai adalah soal ketrampilan penulisan karya ilmiah dan moderasi beragama.

Kandidat Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang ini berharap agar kompetensi dosen semakin meningkat setelah mengikuti short cours baik yang menyangkut pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan sikap (attitude), sebagai bekal berkarir. 

Dihadapan 40 peserta PKDP UIN Imam Bonjol Padang, Ruchman Basor menjelaskan empat alas an kenapa dosen mengurus karir dan kepangkagtan, yaitu pengembangan karir akan merningkatkan capacity building dan kesejahteraan dosen, membantu akselerasi tujuan pendidikan nasional, mutu dan budaya kerja PTKI dan yang terakhir networking dan connection.

Di akhir sessi Ruchman Basori meminta agar para dosen memanfaatkan BIB Kemenag untuk studi lanjut S3, Syukur-syukur bisa melanjutkan ke Luar Negeri. “Saat ini terbuka lebar bagi dosen untuk lanjut studi dengan beasiswa, maka manfaatkan dengan baik”, harapnya.

Kegiatan PKDP Angkatan II (terakhir) UIN Imam Bonjol dilaksanakan pada 21 s.d 26 Agustus 2023 dan diikuti oleh 40 peserta. Kegiatan didampingi langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Yasrul Huda, MA dan Plt. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu M. Fadli, M.I.Kom.