Lulusan Madrasah Aliyah Masuk Kampus Unggulan

Lulusan Madrasah Aliyah Masuk Kampus Unggulan

Jakarta (Pendis)--Jumlah lulusan Madrasah Aliyah Tahun 2023 yang melanjutkan ke kampus negeri sangat signifikan. Ada 58.494 siswa yang menempuh pendidikan ke perguruan tinggi. Dari angka tersebut diterima melalui jalur undangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 11.689, melalu jalur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 19.566, jalur tes tertulis PTKIN 4.841, jalur mandiri 5.800, sekolah kedinasan 227 perguruan tinggi swasta 4.500, kampus luar negeri 210 dan juga yang diterima menjadi anggota TNI/Polri sebanyak 199 siswa.

Penambahan kualitas dan kuantitas tersebut merupakan hasil dari proses penjaminan mutu Pendidikan yang baik di madrasah. “Perjalanan mutu madrasah semakin tahun tambah baik, jumlah lulusan yang diterima semakin banyak, juga kampus yang dituju adalah kampus unggulan baik keagamaan maupun umum. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada semua kepala madrasah, guru dan semua pemangku kepentingan baik di Kanwil maupun di kab/kota. Mutu yang baik ini harus dipertahankan”, tutur Direktur KSKK Madrasah Moh. Isom.

Kampus luar negeri yang dituju antara lain Universitas Al-azhar Kairo, Universitas Cheng Shiu, Nanyang Technologi University Singapura, Russia University, Monash University, Wageningen University Belanda, University of Toronto Canada dan kampus unggulan lainnya.

Dirjen Pendis Moh. Ali Ramdhani mengapresiasi capaian tersebut. “Kualitas ini harus terus dipertahankan, KSKK dan GTK menjadi leading sector paling penting untuk mengawal mutu Pendidikan madrasah. Kita harus terus melakukan upaya penyebaran mutu, perlu sinergi antar MA di daerah. Perkuat peran KKG, MGMP dan koordinasi antar kepala madrasah di daerah. Selain itu, juga ditingkatkan kerjasama Madrasah dengan perguruan tinggi, pemerintah daerah dan dunia kerja” pesan kang Ali. (Mujahid)

 


Tags: # madrasah