Penyematan mahasantri baru Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung oleh Mudir

Penyematan mahasantri baru Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung oleh Mudir

Bandar Lampung – Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengukuhkan mahasantri baru tahun akademik 2023/2024 di Ballroom UIN, Jumat (08/09).

Sebanyak 448 mahasantri dikukuhkan oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Prof Dr H Subandi MM dalam acara Inaugurasi Haflah Ta’aruf.

Mahasantri tersebut merupakan mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah yang terbilang unggul di antara mahasiswa baru lainnya.

“Selamat datang di kampus hijau sebagai santriwan dan santriwati yang menjunjung nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin,” sambut Prof Subandi.

Prof Subandi menyebutkan, Ma’had Al-Jami’ah merupakan unit pengelola calon-calon cendekiawan muslim yang diharapkan memiliki karakteristik Islam rahmatan lil ‘alamin juga unit yang membentuk mahasantri menjadi orang yang berpotensi dan berkompeten dalam bidang Agama Islam.

Dalam kesempatan ini, Mudir Ma’had Al Jami’ah UIN Raden Intan Lampung, Ustadz Muhammad Nur MHum, memotivasi para mahasantri baru agar dapat bersemangat untuk tinggal di pesantren mahasiswa selama satu tahun ke depan.

“Berusahalah, sungguh kenikmatan hidup ada pada usaha. Apa yang kita lakukan di Ma’had selama 1 tahun ke depan adalah sebagai usaha. Mudah-mudahan jeri payah kita dalam belajar dan menuntut ilmu mendapatkan balasan dari Allah Swt.,” ujarnya.

Mudir menekankan bahwa mereka akan dididik menjadi manusia yang ber-ISI yaitu mahasantri yang memiliki intelektual, spiritual dan integritas sesuai dengan visi yang dicita-citakan UIN Raden Intan Lampung.

Selain pengukuhan, juga dilakukan penyematan King dan Queen mahasantri yang diberikan oleh Wakil Dekan III dan Mudir. Beragam kreativitas mahasantri pun turut memeriahkan acara ini dan diakhiri pembagian hadiah berbagai perlombaan pada kegiatan Usbu’ Ta’aruf minggu lalu. 

Turut hadir para murobbi/ah, musyrif/ah, mu’alim/ah, mudabbir/ah serta pengurus Mahad Al Jamiah UIN Raden Intan Lampung.