Kharisma Safrani mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Kharisma Safrani mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Pekalongan (Pendis)  - Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional dalam bidang jurnalistik. Salah seorang mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah meraih gelar juara 1 dalam lomba Sumarak Jurnalistik 2023, cabang Penulisan Feature yang dislenggarakan secara online oleh UKPM Genta Andalas, Universitas Andalas dari tanggal 4-13 Oktober 2023.

Pengumuman juara lomba ini diterima Kharisma Safrani, seorang mahasiswa yang mewakili Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) KPI pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Kharisma berhasil memenangkan kompetisi ini dengan tulisannya yang berjudul " Sampah Jadi Berkah! Kenal Lebih Dekat dengan eco enzyme". Tulisan ini bertemakan tentang lingkungan.

Kharisma mengatakan dalam karyanya tersebut ingin memperkenalkan tentang eco enzyme. “Dalam tulisan saya, saya ingin memperkenalkan eco enzyme, salah satu produk berupa cairan yang terbuat dari limbah organik. Produk ini belum diketahui banyak orang padahal memiliki banyak fungsi bahkan dapat memiliki nilai ekonomis,” tulis Kharisma saat dihubungi via whatsapp.

Kharisma mengangkat tema ini karena eco enzyme merupakan hal yang sudah familiar baginya. “Kebetulan yang saya wawancarai adalah ayah saya sendiri, beliau selaku penggerak pembuatan & penggunaan eco enzyme di desa saya,” ungkapnya.

Kharisma, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari HMPS KPI. “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada HMPS KPI, terutama divisi jurnalistik yang sudah menjadi ruang bagi saya untuk belajar menulis dan menuangkan ekspresi,” tutur Kharisma.

Eco enzyme atau ekoenzim adalah hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. Manfaat ekoenzim untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, dan dapat menurunkan efek rumah kaca.