Atika Dwiyanti, Mahasiswi Semester 4 Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Atika

Atika Dwiyanti, Mahasiswi Semester 4 Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Atika

Bangka,(Pendis). Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Atika Dwiyanti, Mahasiswi Semester 4 Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Atika berhasil meraih juara II Duta GenRe Kabupaten Bangka 2023 yang di laksanakan di Hotel ST12 Senin, 29 Mei 2023.

Ajang pemilihan Duta GenRe merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)  Kabupaten Bangka.

Adapun proses kompetisi ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, seleksi tahap awal yang diikuti kurang lebih 100 peserta. Kemudian, dilaksakanan interview tahap awal untuk menentukan TOP 10. Peserta yang masuk ke jajaran TOP 10 diwajibkan mengikuti Five Days Challenge dari panitia, perealisasian proker, pemantauan progres proker oleh panitia, dan akhirnya puncak Grand Final.

Lebih lanjut, Atika mengungkapkan bahwa menjadi Duta GenRe merupakan pengalaman baru baginya. Sebagai Duta GenRe dirinya memiliki peran yang penting untuk memotivasi remaja. Menurutnya, remaja saat ini harus memiliki perencanaan yang matang untuk mewujudkan remaja berkualitas menuju Indonesia emas.

“Jadilah remaja yang produktif, yang mampu membawa diri ke arah yang lebih baik agar kita bisa menjadi role model untuk teman sebaya kita dan tentunya agar dapat terhindar dari TRIAD KRR” Imbuhnya

Pembina PIK-R Mutiara sekaligus Ketua Prodi Psikologi Islam Primalita Putri Distina,  M.Psi., Psikolog mengapresiasi atas diraihnya prestasi di ajang Duta GenRe Kabupaten Bangka 2023. Atika merupakan salah satu anggota terbaik PIK-R Mutiara yang berhasil di tingkat Kabupaten dan akan maju ke tingkat provinsi. Menurutnya Duta GenRe ini memiliki peran dalam mengingatkan para remaja agar menjadi remaja yang sehat, berakhlak, dan terencana kedepannya.

Ia mengatakan di era keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi media informasi ini, para remaja tidak boleh terpengaruh dan tergiur oleh materi media dan nilai-nilai yang negatif serta hiruk-pikuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai dan kepribadian bangsa. “Mudah-mudahan Duta GenRe ini bisa fokus dan bermanfaat dalam berbuat kebaikan bagi remaja dan masyarakat,” ujarnya.

Ketua umum PIK-R Mutiara Sandri mengatakan "Harus tetap semangat belajar, berkarya dan berprestasi serta berinovasi sehingga mampu bersaing untuk meraih sukses. Jauhi segala tindakan atau perilaku yang bisa mengakibatkan rusaknya mental, jauhi narkoba dan tindakan anarkis."