Menteri Agama Tandatangani Prasasti Gedung GSG IAIN SAS Babel

Menteri Agama Tandatangani Prasasti Gedung GSG IAIN SAS Babel

Babel (Pendis)--Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas resmikan Gedung Serba Guna IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, bertepatan dengan Pencanangan Kelurahan Bacang mencadi Kelurahan Sadar Kerukunan, Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diharapkan dapat menjaga harmonisasi umat beragama di daerah. Tak hanya itu, pada Rabu, 15 Maret 2023 ini juga Menteri Agama RI melaunching Siskohat Mobile.

Ia menilai Kelurahan Bacang Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan segala perbedaannya, berbagai keberagaman yang mampu menjaga kedamaian, harmonisasi di antara semua warga di kelurahan ini. "Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi semua warga di kelurahan dan desa-desa lainnya di Indonesia," ujarnya.

"Ini luar biasa, Bangka Belitung ini seperti Indonesia mini, beragam tetapi damai," kata H. Yaqut Cholil Qoumas saat meresmikan Kelurahan Bacang sebagai Kelurahan Kerukunan Umat Beragama di Pangkalpinang. Menurut dia Kelurahan Bacang ini memiliki keberagaman dengan latar suku di kelurahan ini juga berbagai macam, ada Melayu, Tionghoa, Madura, Minahasa, dan lainnya yang jarang sekali ditemui di tempat-tempat lainnya.

"Saya berharap jangan sampai Pancasila ini hanya dimuliakan dalam kata dan diagungkan dalam kalimat tetapi dikhianati dalam pelaksanaannya. Mari bersama dengan pencanangan kelurahan sadar kerukunan ini benar-benar kita jadikan sebagai alat pemersatu dalam perbedaan," kata Menag.

Di akhir sambutan, Menteri Agama RI melakukan penandatanganan prasasti di antaranya prasasti pencanangan Kelurahan Sadar Kerukunan, dan Gedung Serba Guna IAIN SAS Bangka Belitung .

Yaqut Cholil Qoumas juga meresmikan sejumlah gedung SBSN tahun 2021 dan 2022 Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di antaranya Gedung Serba Guna Asrama Haji, MIN 1 Pangkalpinang, MIN 2 Bangka Barat, Balai Nikah KUA Sijuk, Membalong dan Simpangkatis.

Rektor IAIN SAS Babel Dr.Irawan, M.S.I pada kesempatan ini mewakili seluruh civitas akademika IAIN SAS Bangka Belitung, mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya atas kesediaan Menteri Agama, telah meresmikan Gedung Serba Guna IAIN SAS Babel.

Acara ini dihadiri  Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Kakanwil Kemenag Babel Tumiran Ganefo, Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr.Irawan, M.S.I dan Lurah Bacang. Tampak hadir juga, Stafsus dan Tenaga Ahli Menag, Direktur Utama PT Timah, para tokoh agama, pengurus FKUB Babel dan Pangkalpinang, serta Forkopimda dan tamu undangan.