Peserta  Student Mobility Pascasarjana Uin Mataram

Peserta Student Mobility Pascasarjana Uin Mataram

Pascasarjana Uin Mataram Lakukan Student Mobility ke UNIMAS dan UiTM Serawak

Mataram (Pendis) - Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah sukses menyelenggarakan kegiatan student mobility dengan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) dan Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM) Sarawak pada 6-8 Mei 2024.

Kegiatan ini melibatkan sepuluh peserta, terdiri dari dua dosen, yakni Dr. Bq. Ratna Mulhimmah, M.H., Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah (ES), yang juga bertindak sebagai koordinator, dan Dr. Abdul Rasyid Ridho, M.A., Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT).

Sementara itu, peserta mahasiswa berasal dari Program Doktor Hukum Keluarga Islam (2 orang), Program Magister Hukum Keluarga (2 orang), Program Magister Ekonomi Syariah (2 orang), dan Program Magister Ilmu Qur’an dan Tafsir (2 orang).

Kegiatan student mobility ini mencakup beberapa tahap. Pada hari pertama, Senin, 6 Mei 2024, terdapat public lecture dan studium generale. Pimpinan perguruan tinggi yang terlibat, termasuk UNIMAS, UIN Mataram, IAIN Pontianak, dan IAIN Ponorogo, membahas isu besar yang diangkat dalam kegiatan ini, yakni "Knowledge and Society: Student-Lecturer Partnership in Disseminating Research Output in Indonesia-Malaysia Border".

Dalam keynote speech-nya, Ketua rombongan Pascasarjana UIN Mataram, Dr. Bq. Ratna Mulhimah, M.H., mewakili Rektor UIN Mataram, menekankan pentingnya kerjasama riset dan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan antara Indonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga dan memiliki persamaan baik secara sosio-kultural maupun keagamaan.

Pada hari kedua, kegiatan difokuskan pada seminar untuk menyebarkan hasil penelitian. Setiap peserta mobilitas mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil riset terkini mereka mengenai berbagai isu seperti pendidikan, agama, ekonomi, dan budaya. Pada hari ini, peserta dibagi ke dalam dua kelompok seminar, di mana mahasiswa program studi ekonomi mengikuti seminar di UiTM sementara yang lainnya bergabung dengan konferensi di UNIMAS.

Pembagian kelompok berlanjut hingga hari ketiga dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Kelompok UNIMAS melaksanakan pengabdian di Madrasah Ibtidaiyah dan Tadika Jaya karena sebagian besar peserta berasal dari program studi pendidikan. Di UiTM, pengabdian dilakukan di Majis Jami setempat. Selain memberikan pengajaran, peserta program juga terlibat dalam pengayaan wawasan keagamaan dan pengelolaan lembaga pendidikan.

Kegiatan mobilitas mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kolaborasi akademik, publikasi, serta pengabdian civitas akademika Pascasarjana UIN Mataram, sebagai bentuk realisasi kerjasama yang telah ditandatangani antara UIN Mataram, UNIMAS, dan UiTM. Rencananya, kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.