Pembinaan Guru Madrasah di Kecamatan Singgahan dan Parengan, ini Pesan Kakankemenag Tuban

Pembinaan Guru Madrasah di Kecamatan Singgahan dan Parengan, ini Pesan Kakankemenag Tuban

Kab.Tuban(Pendis)--Kementerian Agama Kabupaten Tuban melalui Seksi Pendidikan Madrasah kembali menggelar acara Pembinaan, Monev Pengelolaan Simpatika dan Pembayaran TPG PNS dan Non PNS di MTs Nurul Huda Sembung Parengan dan MTs Islamiyah Singgahan, Selasa (12/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag Tuban, Ahmad Munir berpesan kepada ratusan guru madrasah untuk menjadi guru yang sudah selesai dengan dirinya. "Guru yang sudah selesai dengan dirinya akan berkarakter stabil sehingga bisa mengajar dengan baik tanpa mengedepankan emosi," jelasnya.

Menurutnya guru merupakan pemegang kunci keberhasilan madrasah. "Jangan menjadi guru abal-abal, namun jadilah guru yang  profesional dan mempunyai kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional," imbuhnya. 

Tampak para guru menyimak dengan sangat antusias kalimat demi kalimat yang disampaikan KaKanKemenag. Kasi Pendidikan Madrasah yang didampingi Pengawas madrasah setempat menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan Monev Simpatika dan Pembayaran TPG ini dilaksanakan di dua kecamatan.

"Guru di kecamatan Parengan total 248 orang, sudah sertifikasi 99 dan belum sertifikasi 149 orang, sedangkan kecamatan Singgahan total guru dari jenjang RA, MI, MTs dan MA adalah 272 orang, sudah sertifikasi 94 orang dan yang belum sertifikasi 178 orang," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban Umi Kulsum yang didampingi Pengawas Madrasah menyampaikan pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang
bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis. "Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan," pungkasnya. (Lai)