malam penganugerahan Duta Genre Kab. Pekalongan

malam penganugerahan Duta Genre Kab. Pekalongan

Pekalongan (Pendis)– Pada acara Pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan Tahun 2023 yang digelar dengan meriah. Tiga mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, yang akrab disapa UIN Gus Dur, berhasil mencuri perhatian dan borong juara. Juara 1 Putra Muhammad Bilal mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam, Juara 2 Putri Sallmalia Rizki Permadani mahasiswa Prodi Hukum tatanegara dan Juara 3 Putra Muhammad Zubaidi mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam.

Event tahunan tersebut diselenggarakan oleh Forum Genre Kabupaten Pekalongan dibawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Pekalongan pada 05 Oktober s/d 18 November 2023. Diikuti ratusan pendaftar yang kemudian mengerucut menjadi 40 besar hingga 20 besar terdiri dari 10 peserta laki-laki dan 10 peserta perempuan. Selanjutnya ada sesi eliminasi yang bermuara pada 6 besar finalis terdiri dari 3 laki-laki dan 3 peserta perempuan.

Kegiatan ini meliputi serangkaian proses, diawali dengan 4 macam seleksi, mulai dari tes tertulis, penyuluhan, wawancara dan minat bakat. Selain itu seluruh peserta juga melalui masa karantina selama 1 bulan menuju malam puncak atau grand final pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan Tahun 2023.

Muhammad Bilal selaku Juara 1 Duta Genre sekaligus Ketua Umum UKM SIGMA Ormawa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengungkapkan bahwa setiap hal tentu akan ada kendala dan tantangan termasuk dalam proses kegiatan tersebut, namun tergantung bagaimana cara menyikapinya.

“Semua 20 finalis ini harus orasi satu persatu didepan dewan juri dan banyaknya penonton. Lalu dari situ diambil 10 besar terus kita diuji lagi dengan menjawab pertanyaan dari undian yang kita ambil. Terus dieliminasi lagi diambil 6 besar/3 putra dan 3 putri, alhamdulilah saya masuk top 3 tersebut. Disitu kita diuji lagu dengan pertanyaan acak dari dewan juri yang dibacakan para tamu-tamu undangan terhormat disana seperti Bapak Sekda Kabupaten Pekalongan,” tutur Bilal.

Lebih lanjut Bilal menambahkan, ia bersyukur dapat berkesempatan mengikuti pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan dengan serangkaian tahapan yang ketat dan detail. Selain itu ini juga suatu momentum mencari ilmu, pengalaman dan teman baru di tempat yang baru. “Terus setelah semuanya dilalui, akhirnya pengumuman penentuan Duta Genre Kabupaten Pekalongan dan alhamdulilah atas kehendak Allah, do’a orang tua dan dukungan semuanya saya terpilih sebagai Duta Genre Kabupaten Pekalongan 2023,” ungkap Bilal.

Bilal berharap kedepan dapat mengemban amanah dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya serta senantiasa mengharumkan nama baik Kabupaten Pekalongan, menjadi pacuan menebarkan semangat yang positif ke semua remaja untuk terus bersinergi membawa perubahan yang lebih baik dalam persiapan Generasi Emas 2045 nanti.

“Setelah ini saya bersama pasangan akan bersiap untuk maju ke tingkat Provinsi dibulan Februari 2024 nanti, karena banyak sekali yang harus dipersiapkan seperti perencanaan program yang matang, realisasi, dan implementasi dari substansi Genre untuk membentuk dan memberikan pengaruh pada remaja khususnya di Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu mohon do'a dan dukungannya kepada semuanya agar kami diberikan kelancaran, dan kemudahan dalam setiap langkahnya,” pungkasnya.